Posisi rupiah memburuk

Rusmanto
Rabu, 05 Agustus 2015 14:09 WIB
Oleh Rusmanto pada Rabu, 05 Agustus 2015 14:09 WIB
Image Posisi rupiah memburuk

Sejak dibuka pagi ini, nilai tukar rupiah langsung meluncur ke posisi terendahnya dalam 17 tahun terakhir.

Berdasarkan data Bloomberg, pada pukul 09.22 WIB, rupiah melemah 0,2% menjadi 13.518 per dollar AS. Bahkan, pada transaksi sebelumnya, mata uang Garuda sempat menembus posisi 13.555 per dollar yang merupakan level terlemah sejak Agustus 1998.

Jika dikalkulasikan, sepanjang tahun ini pelemahan rupiah sudah mencapai 8,4% dan menjadi mata uang Asia dengan performa terburuk setelah ringgit Malaysia.

Berdasarkan data teranyar Kementerian Keuangan, dana asing yang hengkang dari pasar obligasi Indonesia selama tujuh hari yang berakhir Senin (3/8) mencapai Rp 6,9 triliun atau setara dengan US$ 508 juta.

BNI Securities memprediksi, rupiah bisa melemah hingga ke level 13.800 per dollar hingga akhir tahun dan pertumbuhan PDB Indonesia tahun ini di level 4,78%. (jk)

Cara Memakai Tas yang Tepat Agar Tidak Mencederai Tubuh
Gerindra Daftarkan Fadli Zon dan Habiburokhman Sebagai Caleg

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.