Posisi Tidur Miring ke Kiri?

Posisi Tidur Miring ke Kiri?

WinNetNews.com - Mungkin sebagian besar dari Anda mengetahui posisi tidur miring ke kanan merupakan posisi tidur terbaik. Namun, jangan khawatir bagi Anda yang tak terbiasa tidur dengan posisi miring ke kanan.Posisi tidur menyamping ke kiri juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Para ahli menyebutkan jika Anda tidur di sisi kanan, racun dalam tubuh Anda tidak akan keluar dengan benar dan kinerja jantung Anda juga meningkat. Berikut manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

- Gerakan usus halus

Gravitasi membantu pergerakan makanan dari usus kecil ke usus besar ketika Anda tidur di sisi kiri Anda. Ini juga akan membantu dalam mengeluarkan produk limbah dalam tubuh melalui buang air besar di pagi hari.

- Mencegah menderita penyakit serius

Tidur di sisi kiri Anda dapat meningkatkan kesehatan Anda dengan menghapus racun melalui limfatik. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari semua penyakit serius karena semua akumulasi racun keluar sempurna dari tubuh Anda. Tidur menyamping ke kiri juga akan membantu sistem limfatik Anda untuk menghapus semua produk limbah, getah bening dan racun dalam bentuk cairan. Ketahuilah, sisi kiri tubuh adalah sisi limfatik yang lebih dominan bekerja ketimbang sisi kanan.

- Mencegah liver

Semua orang mungkin tahu bahwa cairan empedu yang disekresikan dari hati dan kandung empedu berperan penting dalam pencemaran lemak dan melalui proses emulsifikasi. Tidur menyamping ke kiri membantu dalam sekresi empedu lebih banyak dan pencernaan lebih baik dari lemak. Hal ini tentu saja mencegah terjadi penumpukan lemak pada hati yang bisa menyebabkan liver.

- Meningkatkan pencernaan

Tidur di sisi kiri menyebabkan lambung dan pankreas menggantung akan secara alami. Hal ini akan membantu pencernaan makanan jauh lebih efisien. Enzim pankreas dilepaskan dari pankreas ketika diperlukan. Metabolisme juga akan mudah bergerak karena peningkatan gravitasi.

- Fungsi hati dan ginjal baik

Organ hati dan ginjal merupakan organ metabolisme dan ekskresi, yang mana hati dan ginjal cenderung menumpuk limbah dan racun dalam tubuh. Nah, tidur menyamping ke kiri juga sangat efektif dalam menyaring akumulasi racun dalam organ-organ tersebut

- Meningkatkan fungsi jantung

Tidur di sisi kiri mengurangi beban kerja pada jantung Anda. Sirkulasi darah ke jantung juga akan meningkat dan pengambilan pembuluh darah ke jantung (vena cava inferior) akan berkurang.

Jadi, miring kiri maupun kanan sama-sama memiliki manfaat ya. Selamat tidur.