Posisi Tidur Miring Ternyata Baik Untuk Kesehatan Otak

Muhammad Takdir
Rabu, 02 September 2015 14:01 WIB
Oleh Muhammad Takdir pada Rabu, 02 September 2015 14:01 WIB
Image Posisi Tidur Miring Ternyata Baik Untuk Kesehatan Otak

 

Wingamers.com - Tidur nyenyak adalah hal yang penting. Posisi tidur miring ternyata baik untuk kesehatan otakDalam penelitian yang dilakukan oleh Universitas Stony Brook di New York, para peneliti menemukan bahwa tidur dengan posisi miring dapat menurunkan risiko Alzheimer atau Parkinson. Hal ini disebabkan posisi tersebut lebih efektif membantu otak dalam menghilangkan produk limbah daripada tidur terlentang atau tengkurap.

Penelitian, yang bereksperimen pada tikus, menggunakan metode MRI kontras dinamis dan pemodelan kinetik dalam mengukur nilai tukar cairan serebrospinal (CSF) dan cairan interstitial (ISF) di otak tikus. Para peneliti melihat jalur glymphatic - atau penyaringan - nilai tukar CSF-ISF di posisi tidur miring, terlentang dan tengkurap.

Hasil penelitianm mengusulkan bahwa posisi tubuh dan kuantitas tidur harus diperhatikan dalam standardisasi pencitraan diagnostik masa dalam menilai transportasi CSF-ISF pada manusia, serta dalam penilaian protein otak yang merusak yang dapat menyebabkan penyakit otak.

Para peneliti juga mencatat bahwa posisi miring merupakan posisi yang paling populer di kalangan manusia dan kebanyakan hewan, bahkan mereka yang tinggal di alam liar. Meskipun belum benar-benar telah diuji pada manusia, penelitian sangat meyakini adanya efek posisi tidur pada otak. Posisi tidur miring ternyata baik untuk kesehatan otak. (MT)

Cara mudah tidak cepat gemuk meski sering makan.
Bosen Jadi Artis, Kim Kardashian Mau Jadi Politikus

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.