Potret "Hotel Cinta" Nan Mewah di Jepang yang Terbengkalai
Foto: Fotografer Belanda Bob Thissen/CNN

Potret "Hotel Cinta" Nan Mewah di Jepang yang Terbengkalai

Jumat, 5 Mei 2017 | 08:46 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Banyak cerita yang menyelimuti Jepang. Geisha dan kehidupan malamnya yang mungkin tak selalu disorot. Kini, seorang fotografer menemukan sebuah hotel cinta di Jepang. Bukan seperti hotel biasanya, hotel ini terlihat sangat mewah (di jamannya) hingga saat ini.

Dalam salah satu foto, lampu gantung yang berdebu menggantung dari langit-langit di atas kasur melingkar besar yang dibingkai oleh papan kepala cermin. Di tempat lain, baju besi terlihat berjaga di atas tempat tidur yang dihiasi bantal bernoda.

Tanda-tanda pembusukan, dari puing-puing yang tersebar dari atap yang ambruk sampai ke dinding bernoda air, ada dimana-mana.

Namun, semua gambar yang diambil oleh fotografer Belanda Bob Thissen di kamar hotel seks Jepang yang terbengkalai memang tampak aneh, seperti monumen yang dipentaskan untuk dicintai.

Thissen tidak asing dengan kecantikan terlantar, telah melakukan perjalanan ke hampir 60 negara sejak 2007 untuk mencari bangunan yang ditinggalkan.

image0

Seorang penjelajah urban profesional, dia adalah bagian dari kelompok fotografer muda yang terus berkembang yang berkeliling dunia, kamera di tangan, menjelajahi reruntuhan yang ditinggalkan dan bagian tak terlihat dari lingkungan buatan manusia.

"Senang melihat alam yang mengambil alih bumi, ketika umat manusia berakhir, alam akan memerintah lagi." kata Thissen.

Seperti dikutip dari CNN tentang beberapa pertanyaan yang diberikan untuk Bob Thissen:

1. Kamu baru saja pergi ke Jepang. Bagaimana bangunan terbengkalai di sana dibandingkan dengan yang ada di negara lain?

Saat saya sering bepergian, saya memperhatikan bahwa ketika sebuah tempat ditinggalkan di Eropa Barat, semuanya akan dicuri, dijarah, dirusak dalam beberapa minggu, mungkin berhari-hari. Tapi saat kamu pergi ke Asia, bangunan ini mendapat sedikit rasa hormat untuk semuanya.

image1

image2

Saya berada di sebuah taman hiburan yang ditinggalkan di Jepang, dan semuanya masih berada pada posisi yang sama persis seperti yang ditinggalkan, jenis peluruhan sempurna yang sangat aneh untuk ditemukan. Saya berbicara dengan pemilik taman hiburan dan dia mengatakan bahwa bangunan harus menghadapi kematian alami, biarkan saja dan biarkan perlahan-lahan mati alih-alih mengambil semuanya.

Sementara kamu berada di sana, kamu memotret "hotel cinta" yang ditinggalkan yang disebut Fuurin Motel. Kenapa kamu pergi kesana?

image3

Saya banyak melakukan penelitian di internet. Orang Jepang tidak benar-benar membicarakannya, tapi ini adalah tempat yang cukup populer di Jepang. Di satu sisi itu adalah pengalaman yang keren tapi di sisi lain itu benar-benar canggung. Aku takut menyentuh apapun di dalam sana.

Hotel cinta berkembang ketika orang tidak memiliki privasi untuk hubungan rahasia. Aku bertanya-tanya apa yang terjadi di sana. Saya juga membaca bahwa orang di sana percaya bahwa ada hantu atau roh yang tinggal di sekitar bangunan yang ditinggalkan.

2. Kamu pernah mengunjungi hotel lain di Jepang. Seperti apa bangunannya masing-masing?

image4

Menyenangkan rasanya melihat berbagai gaya hotel. Saya pikir orang Jepang sangat menyukai tema, bahkan taman hiburan, memiliki tema yang berbeda. Menyenangkan rasanya melihat berbagai gaya hotel.

3. Apakah reruntuhan glamorized atau dieksploitasi dengan jenis fotografi ini?

Ini cukup sebuah pernyataan untuk menunjukkan pada orang-orang apa yang ditinggalkan, karena menurut pendapat saya, bangunan tua yang ditinggalkan terlihat jauh lebih baik daripada bangunan modern. Bagi saya, kerusakan di perkotaan bukanlah sesuatu yang negatif. Ini lebih merupakan istilah untuk keindahan bangunan yang membusuk.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...