Prabowo dan Sandiaga Akan Jalani Tes Kesehatan Hari Ini di RSPAD

Prabowo dan Sandiaga Akan Jalani Tes Kesehatan Hari Ini di RSPADistimewa

WinNetNews.com - Tes kesehatan kembali digelar untuk bakal capres-cawapres Pilpres 2019. Setelah Jokowi-Ma'ruf Amin, kali ini giliran Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno menjalani pemeriksaan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

"(Waktunya) sama dengan pasangan calon sebelumnya," kata Komisioner KPU Pramono Ubait melalui pesan singkat, Minggu (12/8/2018) malam.

Dengan demikian, Prabowo-Sandiaga dijadwalkan tiba di RS dan menjalani tes kesehatan sejak pukul 08.00 WIB. Tes kesehatan merupakan syarat yang harus dilalui bagi kandidat yang mengikuti Pilpres.

Capres-cawapres nantinya akan diperiksa mata, telinga, gigi, hingga organ dalam. Terdapat pula, pemeriksaan kejiwaan lewat psikotes serta bebas penyalahgunaan narkotika.

Capres-cawapres tidak diperbolehkan melakukan pemeriksaan kesehatan sendiri. Pemeriksaan kesehatan hanya akan dilakukan sekali menggunakan standar pemeriksaan kesehatan ini ditentukan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Hal ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 22 Tahun 2018 pasal 28 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden. Aturan rinci terkait pemeriksaan tersebut terdapat pada SK KPU Nomor 1004 Tahun 2018 tentang Panduan Teknis Penilaian Kemampuan Rohani dan Jasmani Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Dalam Pemilu 2019.

Sehari sebelumnya, Jokowi-Ma'ruf telah menjalani pemeriksaan lebih dari 12 jam. Pemeriksaan dilakukan sejak pukul 08.00 WIB. Hasil tes kesehatan akan diserahkan tim dokter gabungan dari IDI dan RSPAD Gatot Soebroto maksimal dua hari setelah pelaksanaan.

"Hasil pemeriksaannya memberi keterangan kesehatannya mampu untuk menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden. Sehat atau tidak sehat untuk menjalankan tugas-tugas sebagai presiden dan wakil presiden," kata Ketua KPU Arief Budiman di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Minggu (12/8). (detikcom)