Prabowo Dapat Lampu Hijau, PDI-P Apresiasi Amien Rais
Amien Rais (foto: Pinter Politik)

Prabowo Dapat Lampu Hijau, PDI-P Apresiasi Amien Rais

Selasa, 29 Okt 2019 | 10:15 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Setelah lama bersitegang dengan Gerindra terkait penempatan Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) di Kabinet Indonesia Maju, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais akhirnya memberikan lampu hijau.

“Saat ini Pak Amien Rais menunjukkan perubahan cara pandang dan sikap terhadap pemerintahan Joko Widodo, terutama dengan adanya Pak Prabowo di lini pemerintahan. Kami tentu menyampaikan terima kasih kepada sikap Pak Amien yang sekarang mendukung Pak Jokowi dan Kiai Haji Ma’ruf Amin,” kata Ketua DPP PDI-P Ahmad Basarah, dikutip dari Detik.com, Selasa (29/10).

Basarah menyebut jika jabatan yang dipegang oleh Prabowo merupakan jabatan strategis. Menteri Pertahanan sendiri asuk ke dalam Trium Virat bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Luar Negeri (Menlu) yang berhak mengisi kekosongan kepemimpinan jika presiden dan wakil presiden tidak dapat menjalankan pemerintahan.

“Konstitusi kita mengatakan bahwa apabila presiden berhalangan, maka pengganti sementara adalah Trium Virat yang dijabat oleh Menhan, Mendagri, dan Menlu. Menilik dari situ, posisi Menhan memang strategis dalam struktur kabinet kita,” katanya kemudian.

Basarah bahkan sepakat dengan ucapan Amien Rais yang menyatakan bahwa setiap menteri berhak untuk diberi kesempatan bekerja. Menurut Basarah, pernyataan Amien Rais tersebut merupakan bentuk dukungan kepada pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

“Tentu sependapat dengan kami. Kami mengapresiasi perubahan sikap Pak Amien terhadap pemerintahan Jokowi-Ma’ruf,” celetuknya.

Beberapa sumber menyebut kalau orang pertama yang dimintai restu Prabowo usai menjabat sebagai Menhan adalah Amien Rais. Ayah kandung dari Hanum Salsabila Rais ini memang diketahui sangat kontra dengan segala kebijakan Jokowi. Namun pada akhirnya, restu pun diberikan kepada Prabowo untuk berlayar di kapal yang sama dengan Jokowi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...