Prancis Tentukan Presidennya Hari Ini
ilustrasi

Prancis Tentukan Presidennya Hari Ini

Minggu, 7 Mei 2017 | 12:57 | Rusmanto

WinNetNews.com - Pemilihan presiden (Pilpres) Prancis putaran kedua digelar hari ini. Dua kandidat yang bersaing dalam Pemilu ini yaitu Emmanuel Macron yang pro-Uni Eropa dan capres wanita yang anti-imigran dan anti-Uni Eropa Marine Le Pen.

Dilansir AFP , Minggu (7/5/2017), ada 47,58 juta warga Prancis yang terdaftar dalam Pilpres putaran kedua itu. Ada 66.546 tempat pemungutan suara (TPS) yang dibuka pukul 06.00 GMT dan ditutup sekitar pukul 17.00 GMT.

Estimasi hasil pemungutan suara putaran kedua diperkirakan selesai pukul 18.00 GMT. Pemungutan suara kali ini diwarnai dengan kejutan dan skandal. Salah satunya adalah peretasan email capres Emmanuel Macron (39).

Capres Le Pen (48) menggambarkan persaingan dalam Pilpres Prancis itu sebagai pertarungan antara globalis dengan nasionalis. Le Pen menyebut Macron sebagai sosok globalis yang pro perdagangan bebas dan imigrasi, sementara dirinya sebagai sosok nasionalis yang akan mempertahankan daerah perbatasan dan identitas nasional.

Sebelumnya dalam putaran pertama yang digelar 23 April kemarin, Macron berhasil meraup suara terbanyak dengan 24,01 persen. Macron diikuti oleh Marine Le Pen, capres dari Partai Front Nasional Prancis, yang meraup 21,30 persen suara. Presiden terpilih akan dilantik paling lambat 14 Mei untuk menggantikan Presiden Francois Hollande.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...