Skip to main content

Prediksi, 2015 Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 4,9%

Prediksi, 2015 Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 4,9
Prediksi, 2015 Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 4,9

Jakarta - Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2015 prediksinya hanya mencapai 4,9 persen.

Kepala Ekonom Standard Chartered Bank Eric Sugandi saat Buka Puasa Bersama di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (29/06/2015) menjelaskan bahwa tahun 2015 pertumbuhan ekonomi Indonedia hanya mencapa 4,9 persen saja dan tahun 2015 baru 5,3 persen.

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi mendatang tepengaruhi lima faktor, yaitu harga komoditas melemah, belanja pemerintah yang belum optimal, kebijakan Bank Indonesia yang ketat, daya beli masyarakat menurun dan pelemahan nilai tukar rupiah.

"Faktor utamanya harga komoditas kan pengaruh ke ekspor dan provinsi yang andalkan sumber daya alam, itu satu. Belanja pemerintah lambat sehingga penyerapan anggaran tak optimal. Penurunan daya beli masyarakat walaupun inflasi terkendali. Kebijakan Bank Indonesia (BI) yang ketat berpengaruh pertumbuhan kredit, seperti suku bunga pinjaman yang tetap bertahan pada 7,5 persen.

Terakhir, pelemahan rupiah itu pengaruh ke investasi karena biaya impor barang modal jadi lebih mahal. Makanya kami perkirakan pertumbuha ekonomi 4,9 persen tahun ini, tahun depan 5,3 persen," ujar dia

Ia menambahkan bahwa prediksi pertumbuhan ekonomi 2016 sebesar 5,3 persen karena harga komiditas akan membaik dan pembangunan pemerintah sudah berjalan dengan penyerapan anggaran yang lebih optimal. Ia mengatakan penyertaan modal negara baru lima badan usaha milik negara sehingga belanja pemerintah belum optimal.

Ia mengungkapkan tahun ini sebaiknya lebih realistis. Ia bilang, ada ekspektasi pemerintah bisa kebut pembangunan, meski ada masalah nomenklatur karena penyerapan anggaran tidak bagus di kuartal pertama.

"Kami lihat realistik tahun ini dengan kuartsl pertama 4,7 persen, kami perkirakan 'full year' (sepanjang tahun) 4,9 persen," imbuh dia.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top