Prediksi Cuaca Jabodetabek Hari ini Berawan

Prediksi Cuaca Jabodetabek Hari ini Berawan

Kamis, 4 Feb 2016 | 10:39 | kontributor

WinNetNews.com - Badan Meteorologi, Klimatoligi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) cenderung berawan.

"Untuk wilayah Jakarta, hari ini diprediksi berawan dari pagi hingga malam," kata Kepala Biro Humas BMKG, Wahju Adji dalam keterangan tertulisnya, Kamis.

Namun, kata Wahjudi, wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat, berpotensi akan terjadi hujan ringan pada pagi hari dan malam hari .

Sedangkan untuk wilayah Depok, Tangerang, dan Bogor, diprediksi berawan pada pagi, sedangkan pada siang dan malam harinya berpotensi hujan ringan di seluruh wilayah Bogor, Depok, dan Tangerang.

Wahju menjelaskan berdasarkan analisa dinamika atmosfer, terjadi adanya konvergensi (pertemuan angin) yang memanjang dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

"Selain itu, juga adanya belokan angin di wilayah Sumatera Bagian Selatan, Kalimantan Timur, dan Papua Barat," jelasnya.

 

Sementara itu untuk wilayah Indonesia lainnya Wahju Adji menjelaskan dari pantauan satelit cuaca diprediksi hujan lebat di Wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur Bagian Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat dan Papua.

"Untuk para nelayan atau angkutan transportasi laut perlu mewaspadai gelombang laut," katanya.

Ia menjelaskan akan terjadi ketinggian gelombang laut dengan tinggi 1.25-2.5 meter di wilayah Perairan utara Aceh, Perairan Barat Kepulauan Simeuleu, Perairan barat Kepualaun Nias , Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano Bengkulu, Perairan Barat Lampung.

Selain itu juga di Selat Sunda Bagian Selatan, Perairan Selatan Jawa hingga Pualau Sumba, Perairan Pulau Sawu, Pulau Rote, Laut Cina Selatan Utara Natuna, Perairan Kepulauan Natuna Anambas, Selat Makassar Bagian Selatan, Perairan Kepualuan Sangihe Talaud, Laut Maluku bagian utara, Perairan Utara Halmahera, Laut Halmahera, Perairan Utara Papua Barat dan Papua.

Sedangkan di wilayah perairan Laut Tiongkok Selatan, Timur Vietnam akan berpeluang terjadi gelombang tinggi dengan tinggi 2.5-4.0 meter. "Untuk itu kondisi ini sangat perlu diperhatikan dan diwaspadai," kata Wahju mengingatkan.

Sumber: Antara

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...