Skip to main content

Prediksi Menteri Ekonomi Tentang Ekonomi Indonesia di 2016

Prediksi Menteri Ekonomi Tentang Ekonomi Indonesia di 2016
Prediksi Menteri Ekonomi Tentang Ekonomi Indonesia di 2016

Jakarta, wingamers - Ekonomi Indonesia imbas dari melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar saat ini sedang memasuki tahap sulit. Sejumlah industri dan ukm terancam gulung tikar, meskipun masih banyak industri-industri yang mampu secara konsisten menghadapi masa krisis tahun ini.

Dilansir dari situs CNN, menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro memperkirakan ekonomi Indonesia tahun depan akan lebih baik, bersamaan dengan prospek pertumbuhan ekonomi global. Hal tersebut disampaikan Bambang kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di kantornya, Selasa (8/9).

"Tahun depan mungkin prospeknya lebih baik, karena lebih ada kepastian soal tingkat suku bunga Amerika Serikat. Lalu China juga kebijakan devaluasinya mungkin sudah terbatas lagi. Jadi kepastian itu lebih ada di 2016, dibanding 2015 menjelang akhir," kata Bambang.

Sementara sampai penghujung tahun ini, Bambang melaporkan kepada Jokowi agar pemerintah harus bekerja ekstra keras guna menjaga pertumbuhan ekonomi yang berhasil diraih saat ini. Pasalnya dari hasil pertemuan kelompok 20 negara atau G20 yang diselenggarakan di Ankara, Turki pada 4 September lalu, tidak satupun delegasi negara yang hadir optimistis dengan prospek pertumbuhan ekonomi tahun ini.

Ia menyimpulkan, seluruh negara yang mengikuti pertemuan tersebut kurang percaya diri dalam menghadapi tekanan ekonomi global yang terjadi tahun ini. "Dari G20 kemarin, 2015 memang tahun yang berat dan tidak memberikan prospek cerah pada siapapun," ujar Bambang.

Hal itu menurutnya disebabkan oleh membaiknya data perekonomian di Amerika Serikat yang berdampak pada perekonomian negara lain, termasuk Indonesia. Selain itu, kebijakan devaluasi mata uang Yuan di China juga dianggap menimbulkan masalah besar terhadap pertumbuhan ekonominya.

Apakah prediksi Menteri Keuangan di tahun depan benar terjadi? Yang pasti masyarakat selalu menantikan hasil nyata dari langkahlangkah yang dilakukan pemerintah terhadap mengatasi persoalan perekonomian negara.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top