Prediksi Musim Kemarau di Indonesia Masih Panjang

Prediksi Musim Kemarau di Indonesia Masih Panjang

Jakarta, wingamers - Pada Senin (21/9) hujan dengan intensitas ringan hingga lebat mulai mengguyur wilayah-wilayah di Pulau Jawa. Beberapa hari sebelumnya pun hujan sempat turun di wilayah Pulau Sumetera. Beberapa orang menyambut gembira dengan turunnya hujan dalam beberapa hari terakhir ini di Pulau Sumatera dan Jawa. Namun demikian, BMKG menyatakan bahwa ini bukan merupakan pertanda awal datangnya musim penghujan.

Musim hujan diprediksi baru akan terjadi sekitar 2 bulan lagi, yakni bulan November. Sebelum memasuki musim hujan, akan terjadi pancaroba terlebih dahulu. Ditambah lagi hujan yang terjadi pada kemarin sore/malam tidak merata. Hujan hanya terjadi di beberapa daerah dengan intensitas cukup deras namun durasi sebentar, yakni sekitar 30 menit hingga 2 jam.

Musim pancaroba ditandai dengan angin kencang, suhu udara yang relatif panas, dan banyak terjadi hujan petir. Sementara itu saat ini belum terjadi kondisi semacam yang mencirikan masuk ke musim pancaroba.

Baca juga artikel : Harga Bawang Merah Anjlok

Sementara itu, BMKG memprediksikan bahwa cuaca hari ini tak akan jauh berbeda dengan kemarin. Langit Jakarta akan kembali tertutup awan. Hujan juga akan kembali turun namun diprediksi tidak akan terlalu deras.

Wilayah Bogor, Depok, beberapa wilayah di Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Timur diprediksi akan berawan hingga hujan ringan. Kemudian untuk Jakarta Pusat dan Jakarta Utara diperkirakan belum akan terjadi hujan hari ini. Kedua kawasan tersebut diprediksi hanya tertutup awan mendung.

Suhu di Jakarta dan sekitarnya berkisar antara 22-34 derajat Celcius. Sementara kelembaban udara sekitar 48-94 persen. Bagi anda yang hendak beraktifitas di luar ruangan, jangan lupa menyiapkan mantel atau payung.