Premium Turun Rakyat Kecil Terselamatkan

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Premium Turun Rakyat Kecil Terselamatkan

 Wingamers.com - Mengutip Teguh Dartanto, dari LPEM UI, setiap penurunan harga premium sebesar 5% atau sekitar Rp. 400 akan menyelamatkan daya beli rakyat sekitar 165.000 orang. “Ini bisa jadi solusi," kata Teguh dalam suatu acara diskusi tentang energi di Jakarta, Minggu, 20 September 2015. Hal ini sejalan apa yang dikemukakan oleh Destry Damayanti, “Setiap penurunan 10 persen harga BBM, maka inflasi akan turun di angka antara 0,5% sampai 0,7%.” Dengan demikian Pemerintah diharapkan akan menurunkan harga BBM sehingga rakyat bisa bernafas lega.

Tidak semua pihak menyambut positif upaya pemerintah ini, terdapat komentar yang sempat dilontarkan ekonom Fadli Hasan, yang mengatakan bahwa dunia usaha sekurang-kurangnya terdiri dari 23 Asosiasi yang berasal dari berbagai bidang industri dan telah memberikan usulan paket deregulasi yang lengkap sampai dengan bentuk matriksnya. "Tapi kalau saya lihat apa yang diusulkan dengan apa yang dikeluarkan masih ada kesenjangan besar," menurut ekonom INDEF ini.

Sementara itu, Iwan Jaya Asiz, Guru Besar FE UI dan Cornell University mengatakan, bahwa ekonomi Indonesia sebetulnya tidak ada yang baru; masih terus terusan proteksionis untuk urusan investasi dan perdagangan. Persolaan utang swasta Indonesia yang menumpuk dalam nominasi mata uang asing juga menimbulkan kecemasan diantara banyak pihak, dan soal utang swasta di denominasi ini bukanlah pertama kali terjadi. Karena tidak ada yang baru (di ekonomi Indonesia) sehingga membuat Iwan tidak memiliki alasan untuk merasa positip terhadap ekonomi Indonesia untuk saat ini.

Memang di tengah tengah perekonomian dunia yang mengalami perlambatan dan kompleksitas ekonomi global yang menekan perekonomian emerging countries seperti Indonesia maka, pemerintah harus segera melakukan Pekerjaan Rumahnya yang mendesak di berbagai lini. Ini sejalan dengan pendapat Wai Hong Leong, ekonom Barclyas Plc di Singapura yang mengatakan,” Indonesia harus memberikan perhatian kepada kondisi ekonomi jangka pendek dan bagimana dapat membuktikan apa yang sudah direncanakannya.”

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});