Presiden AMPAS Kecewa dengan Nominasi Oscars 2016

Presiden AMPAS Kecewa dengan Nominasi Oscars 2016

Senin, 18 Jan 2016 | 17:00 | kontri

WinNetNews.com - Isu diskriminasi kembali mencoreng ajang penghargaan film bergengsi di dunia, Academy Awards. Sebab, daftar nominasi Oscars 2016 didominasi oleh para nomine berkulit putih.

Padahal, tak sedikit sineas atau musisi berkulit hitam yang dinilai berkualitas, bahkan telah memenangkan penghargaan film lainnya di tahun ini, seperti Wiz Khalifa ( Furious 7 ) atau Idris Elba ( Beasts of No Nation ). Menanggapi isu keragaman ras ini, President Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) pun mengaku kecewa.

"Tentu, saya sangat kecewa. Tapi itu bukan berarti merendahkan. Ini telah menjadi tahun yang besar bagi perfilman. (Para nomine) itu benar-benar sudah diwakilkan dalam daftar. Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan muncul di lembar kertas sampai Anda melihatnya," kata Cherly Boone Isaacs, President AMPAS, seperti dikutip Deadline.

Seperti tahun lalu, memang tidak ada aktor-aktris maupun sutradara berkulit hitam yang mengisi kategori utama, yakni Best Actor/Actress, Best Supporting Actor/Actress dan Best Director, bahkan termasuk kategori Best Original Song.

Mengutip The Hollywood Reporter, "See You Again," soundtrack populer yang dibawakan oleh penyanyi berkulit hitam, Wiz Khalifa feat Charlie Puth untuk film Furious 7 , gagal masuk dalam nominasi.

 

Adapun untuk kategori Best Song diisi oleh "Earned It" ( Fifty Shades of Grey ), "Manta Ray" ( Racing Extinction ), "Simple Song #3" ( Youth ), "Til It Happens to You" ( The Hunting Ground ) dan "Writing's on the Wall" ( Spectre ).

Padahal, lagu "See You Again" telah memecahkan banyak rekor. Berdasarkan Billboard , "See You Again" menjadi video hip hop pertama yang ditonton 1 miliar kali di YouTube dan mematahkan rekor Spotify sebagai video yang paling sering di- streaming dalam sehari.

Bukan itu saja, lagu ini juga diakui di ajang penghargaan bergengsi di dunia. Ia menyabet satu nominasi di Golden Globes dan tiga nominasi Grammy Awards.

Tak heran, jika pengumuman nominasi Oscars 2016 kembali menimbulkan protes keras di berbagai kalangan. Pemandu acara Golden Globes pun mempertanyakan hal itu melalui Twitter, "Mengapa Oscar mengumumkan semua nomine berkulit putih dulu?"

Kemudian ditambah dengan pertanyaan bernada kecaman dari aktor Kyle Buchanan. “Untuk Academy, #OscarsSoWhite? Lagi? Di tahun munculnya film-film seperti CREED, STRAIGHT OUTTA COMPTON, dan BEASTS OF NO NATION? Apa lagi yang kalian inginkan?” tulisnya.

Protes juga dilontarkan oleh netizen berakun @questlove dengan menuliskan, "Saya ingin mempertaruhkan lahan pertanian jika Wiz Khalifa berhasil membawa pulang piala Oscar untuk 'See You Again'. Coba tebak apa yang mereka katakan pada saya, huh? # Oscars".

(dilansir dari Muvila)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...