Presiden Joko Widodo Mencoba LRT di Palembang

Rusmanto
Rusmanto

Presiden Joko Widodo Mencoba LRT di Palembang istimewa

WinNetNews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau progres proyek LRT Palembang, Sumatera Selatan. Jokowi sekaligus menjajal LRT sampai Stasiun Jakabaring.

Jokowi tiba di Stasiun Bumi Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (13/7/2018) pukul 14.00 WIB dengan mengenakan rompi dan helm proyek. Jokowi mendengarkan mengenai data teknis LRT.

LRT Palembang yang digarap PT Waskita Karya (Persero) ini melewati 13 stasiun dengan panjang trase 22,3 kilometer dari Stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin sampai Stasiun BTP Sumbasgel.

Jokowi dan rombongan juga menjajal menaiki LRT sampai Stasiun Jakabaring yang dekat venue Asian Games 2018. Menurut Jokowi, LRT bisa dijadikan moda transportasi untuk mengurangi kemacetan.

"Pertama memang dalam rangka Asian Games 2018, tetapi dalam jangka panjang kita ingin memberikan pilihan alternatif kepada masyarakat dan yang paling penting membangun suatu peradaban baru, budaya baru, baik budaya menggunakan transportasi massal yang aman dan nyaman, budaya tepat waktu, budaya antri yang ini akan terbangun," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, akan ada 3 rute LRT lainnya di Palembang. Jokowi ingin masyarakat beralih menggunakan transportasi massal, salah satunya LRT. 

"Memang di Palembang ada 4 rute yang trase nya direncakan dan disiapkan. Ini baru 1 rute, tapi saya ingin agar kereta ringan LRT Palembang bisa dijadikan contoh kota besar di Indonesia yang saya kira mulai padat dan macet dan membutuhkan transportasi massal. Dan ini akan lebih efisien dibanding dengan mobil," terangnya.

Turut hadir mendampingi Jokowi antara lain Ibu Negara Iriana, Mensesneg Pratikno, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumsel Alex Noerdin, hingga anggota DPR Aria Bima. (detikcom)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});