Presiden Joko Widodo Resmikan Beberapa Ruas Tol di Jawa

Rusmanto
Rusmanto

Presiden Joko Widodo Resmikan Beberapa Ruas Tol di Jawa ilustrasi

WinNetNews.com - Sembari menjajal tol Trans Jawa dari Surabaya ke Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo juga meresmikan beberapa ruas tol. Terutama untuk ruas tol yang berada di wilayah Jawa Timur.

Hari ini, Kamis 20 Desember 2018, empat ruas tol di Jawa Timur akan diresmikan Jokowi. Yaitu ruas Wilangan-Kertosono, Bandar-Kertosono, relokasi Porong-Gempol, dan ruas Pasuruan-Grati.

Keempat ruas tol itu sepanjang 59 kilometer. Peresmian dilakukan di KM 671 ruas tol Ngawi-Kertosono. Setelah itu, rombongan Presiden akan bergerak menuju wilayah Jawa Tengah.

"Artinya Jakarta-Surabaya itu sudah tersambung dan bisa dilalui oleh kendaraan setelah hari ini," kata Presiden Jokowi, saat meresmikan empat ruas tol, Kamis 20 Desember 2018.

Dengan selesainya Trans Jawa di mana titik nol dari Cawang, Jokowi berharap jalan tol ini benar-benar memudahkan masyarakat. Selain arus barang dan jasa yang juga lebih murah, kemudian banyak alternatif jalan bagi masyarakat.

"Silakan kalau mau pakai jalan tol, silakan kalau pakai jalan yang lama. Saya kira alternatif pilihan itu memang harus diberikan pada masyarakat," katanya.

Dengan tersambungnya tol Trans Jawa ini, Jokowi berharap bisa terintegrasi dengan baik untuk wilayah pariwisata dan industri, serta kawasan ekonomi khusus. Di antaranya yang sudah mulai dilirik, menurut Jokowi adalah di Ngawi. Karena tanah masih murah dan pekerja yang kompetitif.

Dalam peresmian ini, turut mendampingi Ibu Negara Iriana. Hadir juga Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Mulyono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Menteri PUPR Basuki mengatakan, dengan tersambungnya Trans Jawa ini, maka telah bisa dilalui dari Merak Banten hingga Bayuwangi yang mencapai 1.150 kilometer. Sepanjang 933 kilometer sudah tersambung sampai Pasuruan.

"Dari 2015-2018 telah terselesaikan 616 kilometer jalan tol. Melengkapi ruas-ruas yang telah dioperasikan masa sebelumnya," kata Basuki dalam sambutannya.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Jokowi Resmikan Empat Ruas Tol di Jawa Timur"

Apa Reaksi Kamu?