Presiden Jokowi Akan Saksikan Gerhana Matahari di Belitung

Presiden Jokowi Akan Saksikan Gerhana Matahari di Belitung

Selasa, 8 Mar 2016 | 10:42 | Rusmanto
WinNetNews.com - Gerhana matahari total yang melintasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tak hanya menarik minat turis dan astronom, tapi juga para petinggi negara. Presiden Joko Widodo termasuk yang rencananya akan menyaksikan fenomena alam langka ini di sana.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangka Belitung Tadjudin mengatakan sudah menerima kabar rencana kedatangan Jokowi pada hari gerhana. Namun lokasi pilihan Jokowi belum ditentukan.

Ada kabar juga kalau Jokowi akan melihat gerhana di atas kapal laut. "Sejauh ini kami (baru) menerima kabarnya Presiden memang mau ke sini," kata Tadjudin. Bila jadi, kata dia, maka Jokowi akan sekaligus meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus Bangka Belitung.

Tadjudin mengatakan, yang sudah pasti akan melihat gerhana di Bangka Belitung adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Rencananya Menteri Rizal dan Menpar Arief akan melihat gerhana di Pantai Tanjung Kelayang.

Bangka Belitung memang banyak menjadi pilihan pemburu gerhana asal Jakarta sebab lokasinya yang terbilang cepat dicapai dari Ibu Kota ketimbang Palu atau Maluku Utara. Tadjudin memprediksi akan ada 100 ribu wisatawan domestik dan sekitar 10 ribu turis asing yang datang ke Bangka Belitung saat gerhana matahari total.

Baca juga: Jadwal Shalat Gerhana 9 Maret 2016

Baca juga: Tutorial Shalat Gerhana Matahari

Baca juga: Jadwal Gerhana Matahari Total di 8 Kota Indonesia

Baca juga: Tradisi Unik Rayakan Gerhana Matahari Total di Sejumlah Negara

disadur dari situs detik news

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...