Presiden Jokowi Buka Sail Selat Karimata 2016

Gunawan Wibisono
Gunawan Wibisono

Presiden Jokowi Buka Sail Selat Karimata 2016 Presiden Jokowi Buka Sail Selat Karimata 2016

WinNetNews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi)membuka gelaran Sail Selat Karimata 2016. Dalam pidatonya Jokowi mengingatkan agar sektor kelautan menjadi penggerak ekonomi rakyat.

Upacara pembukaan Sail Selat Karimata 2016 dilakukan di Pantai Pulau Datok, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, Sabtu (15/10). Jokowi didampingi Menko Maritim Luhut Pandjaitan, Menpar Arief Yahya, Menkominfo RudiantaraMen des PDTT Eko Putro Sandjojodan Seskab Pramono Anung.

"Saya ingin mengingatkan kepada kita semua bahwa 71 persen Indonesia adalah air, adalah laut. Laut bukan hanya sumber kehidupan dan masa depan kita, tapi laut juga menyatukan kurang lebih 17 ribu pulau di nusantara. Laut bukan memisahkan antar bangsa, tapi laut justru menjadikan kita terhubung satu dengan yang lain," kata Jokowi.

Jokowi berpesan, agar ajang Sail Selat Karimata ini bisa menjadi ajang promosi wisata. Jangan sampai setelah acara selesai, Kabupaten Kayong Utara kembali sepi. Event berkelas internasional ini harus dimanfaatkan untuk mengoptimalkan potensi pariwisata.

"Saya tidak ingin setelah perayaan sail ini berakhir, langsung sepi, langsung senyap, tidak ada dampaknya bagi pergerakan ekonomi dan rakyat di daerah," jelas Jokowi.

"Sail ini harus jadi momentum kita bersama untuk menjaga, merawat serta memanfaatkan sumberdaya alam kelautan kita dengan baik. Juga momentum bersama untuk kembali pada jati diri kita sebagai bangsa bahari, mengembalikan kembali budaya bahari ke tengah kita," tegasnya.

Berbagai promosi wisata bahari menurut Jokowi, juga harus terus digalakkan. Apalagi, potensi wisata bahari di Indonesia sangat menjanjikan.

Apa Reaksi Kamu?