Presiden Jokowi Kecam Serangan Bom Brussels Saat Ketemu Raja Belgia

Presiden Jokowi Kecam Serangan Bom Brussels Saat Ketemu Raja Belgia

Jumat, 22 Apr 2016 | 06:53 | Rusmanto
WinNetNews.com - Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan dengan Raja Belgia Philippe sebagai agenda kunjungan terakhir di Belgia. Dalam pertemuan itu, Jokowi turut mengecam aksi bom yang mengguncang Brussles beberapa waktu lalu.

Pertemuan itu digelar di Royal Palace, Brussels, Belgia, Kamis, (21/4/2016) sore, atau malam waktu Indonesia. Pertemuan berlangsung tertutup dari media, namun tim komunikasi Presiden Ari Dwipayana mengatakan berbagai isu dibahas.

Dalam pertemuan ini, Presiden Jokowi atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia menyampaikan belasungkawa kepada Kerajaan Belgia atas serangan bom di Brussels yang menelan banyak korban. Termasuk dua orang WNI yang mengalami luka sangat berat.

Presiden Jokowi menilai, kerja sama dalam melawan aksi terorisme harus diperkuat. Dalam kesempatan sebelumnya, Jokowi menyebut Indonesia menjadi cerminan juga contoh toleransi, perdamaian dan Islam bagi negara lain.

Isu lain yang dibahas dalam pertemuan itu, terkait kerja sama ekonomi. Jokowi menyatakan kunjungan Putri Astrid pada Maret 2016 lalu dengan membawa delegasi bisnis Kerajaan Belgia sebanyak 300 orang, serta kunjungan Raja Philippe yang diikuti 150 pengusaha, menunjukkan komitmen Belgia untuk meningkatkan hubungan bilateral dengan Indonesia.

 

Indonesia juga memiliki komitmen yang sama untuk terus meningkatkan hubungan baik dengan Belgia. "Untuk pertemuan kali ini, saya ingin fokus pada tiga hal, yakni, ekonomi, sosial budaya, dan dialog lintas agama," ujar Jokowi.

Secara khusus, Raja Philippe mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat Presiden Jokowi terhadap kunjungan Putri Astrid yang disertai 300 pengusaha. Kepada Jokowi, Raja Philippe juga menyatakan mengamati secara dekat perkembangan di Indonesia.

Termasuk memberikan apresiasi yang tinggi terhadap perkembangan ekonomi di Indonesia. Deregulasi ekonomi yang dilakukan Presiden juga berjalan dengan baik.

"Ekonomi Indonesia sangat luar biasa," kata Raja Philippe.

disadur dari situs detik news

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...