Presiden Jokowi : Para Menteri Permudah Investor Investasi di RI

Presiden Jokowi : Para Menteri Permudah Investor Investasi di RI

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokow) menggelar rapat kabinet terbatas bersama Wapres Jusuf Kalla (JK) untuk membahas persoalan investasi. Jokowi meminta agar para menteri seharusnya mengeluarkan berbagai kebijakan terobosan.

Demikianlah diungkapkan Jokowi saat membuka rapat di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (16/9/2015). Hadir Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko Maritim Rizal Ramli, dan Menko Polhukam Luhut D Pandjaitan.

Kemudian Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Energi dan ESDM Sudirman Said, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, dan lainnya.

"FDI (Foreign Direct Investment) yang saya kira kita tahu semuanya, ini sangat tergantung sekali kepada kemudahan-kemudahan berusaha di Indonesia.‎ Poin yang ingin saya berikan tekanan adalah dibutuhkan langkah-langkah terobosan. Sekali lagi, dibutuhkan langkah-langkah terobosan untuk memberi kemudahan berinvestasi," jelasnya.

‎Ini tentunya berlaku untuk investor dari asing maupun domestik. Bila investasi berhasil direalisasikan, akan memberikan dorongan besar untuk pergerakan ekonomi.

‎"Investor itu bisa lokal, bisa domestik, dan juga bisa asing. Semuanya harus diberi kemudahan-kemudahan, sehingga pergerakan ekonomi riil itu yang kita inginkan betul-betul bisa bergerak," papar Jokowi

Jokowi mengatakan, tingkat kemudahan berusaha di Indonesia masih sangat rendah dibandingkan negara-negara lainnya. Meski ada sedikit kenaikan pada 2015.

‎"Sekali lagi ini adalah perlu langkah-langkah konkret dalam mencapai target tersebut. Ini sebagai informasi, peringkat kemudahan berusaha di Indonesia pada 2015 mengalami peningkatan sedikit, yakni dari peringkat 117 menjadi 114 dari 189 negara," tukasnya.