Skip to main content

Presiden Vanuatu Meninggal Dunia Terkena Serangan Jantung

Foto: AFP
Foto: AFP

WinNetNews.com - Presiden Vanuatu, Baldwin Lonsdale, meninggal dunia diusianya yang ke 67 tahun. Lonsdale meninggal karena serangan jantung.

Lonsdale, yang memecat pemerintahannya dua tahun lalu karena skandal korupsi besar-besaran, meninggal dunia di ibu kota negara kepulauan Port Vila.

"Bendera Nasional berada di setengah tiang pagi ini. Jasadnya dilaporkan berada di Vila Central Hospital," kata surat kabar tersebut.

Mantan anggota parlemen Vanuatu Sela Molisa mengatakan kepada Radio New Zealand bahwa "Vanuatu telah kehilangan salah satu pemimpin terbesarnya."

Lonsdale, seorang pegawai negeri sebelum menjadi pendeta Anglikan, terpilih menjadi presiden pada tahun 2014.

Meski perannya dianggap seremonial, Lonsdale menjadi simbol harapan bagi Vanuatu saat Topan Pam menyebabkan kerusakan parah di negara ini pada awal 2015.

Enam bulan kemudian, dia memimpin negara tersebut. Namun selama pemerintahannya terjadi krisis politik ketika perdana menteri Sato Kilman dihukum karena korupsi, membuat mereka tidak memenuhi syarat untuk jabatan.

Setelah salah satu anggota parlemen yang divonis bersalah, kemudian pembicara parlemen Marcellino Pipite, mengampuni dirinya sendiri dan 13 rekannya dalam kapasitasnya sebagai presiden sementara saat Lonsdale berada di luar negeri, Lonsdale kembali membubarkan parlemen dan melakukan pemilihan cepat yang membuat pemerintah Kilman dikalahkan.

"Dia tegas dan tidak akan terpengaruh," kata Molisa.

"Saya yakin pemerintah dan lainnya, terutama di tingkat politik, orang akan menyadari bahwa Vanuatu telah kehilangan pemimpin yang sangat luar biasa." tambahnya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top