Pria Asal Rangkas Bitung yang Datangi Mapolres Jakarta Barat Akan Jalani Hal Ini
Kabagpenum Divhumas Polri, Kombes Pol. Martinus Sitompul/Foto: Zool WNN

Pria Asal Rangkas Bitung yang Datangi Mapolres Jakarta Barat Akan Jalani Hal Ini

Kamis, 27 Apr 2017 | 14:50 | Zulkarnain Harahap

WinNetNews.com - YO, pria asal Rangkas Bitung, Banten, datangi Mapolres Jakarta Barat dalam keadaan linglung. Ia mengaku telah diculik dan dipaksa ikut pelatihan teroris di Salatiga, Jawa Tengah. Bekal informasi itu tidak serta merta langsung dipercaya oleh aparat. Bahkan Mabes Polri menyatakan bahwa YO akan menjalani tes psikologi terlebih dulu.

"Kita akan lakukan pemeriksaan psikologis. Dalam pemeriksaan mental ada lima hal mendasar untuk menentukan apakah orang itu memang dipastikan mengalami gangguan mental atau tidak," kata Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol. Martinus Sitompul di Mabes Polri, Kamis (27/04/2017).

Martinus menjelaskan langkah-langkah pemeriksaan psikologis terhadap YO.

"Pertama, kita tanya orang tuanya, tanya latar belakang sekolahnya, tanya alamat rumahnya, handai taulannya, tanya siapa temen temennya. Ini mendasar untuk dilakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan. Kalo dari hasil pemeriksaan yang bersangkutan, keterangannya patut dan wajar," jelasnya.

Meski demikian, keseluruhan keterangan itu tetap akan di dalami oleh aparat.

"Akan tetap kita selidiki, dimana dia diculik sampai dia dibawa untuk pelatihan. Kalo tidak, info yang bersangkutan akan kita abaikan," imbuhnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...