Pria Ini Sudah Sebulan Lebih Tinggal di Bandara Kuala Lumpur
istimewa

Pria Ini Sudah Sebulan Lebih Tinggal di Bandara Kuala Lumpur

Jumat, 13 Apr 2018 | 06:42 | Rusmanto

WinNetNews.com - Hassan al-Kontar, seorang pria asal Suriah terdampar di bandara Kuala Lumpur, Malaysia selama lebih dari sebulan. Hal itu disampaikan Hassan melalui video yang diunggahnya saat berada di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2.

Hassan bercerita bahwa dirinya sempat dideportasi dari UEA ke Malaysia setelah kehilangan izin kerja saat terjadi perang di Suriah tahun 2016 lalu. Ia bercerita bahwa dirinya tidak bisa memasuki Malaysia bahkan usahanya untuk mencapai Kamboja dan Ekuador pun sia-sia.

"Saya terbang ke UEA untuk mencari pekerjaan. Tetapi karena konflik, saya kehilangan izin kerja dan pekerjaan saya di sana. Dan saya telah melarikan diri sejak itu," kata Hassan melalui pesan singkat seperti dilansir dari BBC, Jumat (13/4/2018).

Hassan sempat memutuskan untuk pergi ke Ekuador namun rencananya kandas karena dilarang oleh pihak bandara karena beberapa hal. Ia bahkan telah merapa putus asa karena sulit untuk kembali ke negaranya.

"Saya memutuskan bahwa saya ingin mencoba pergi ke Ekuador. Jadi saya menabung cukup banyak uang untuk membeli tiket pesawat di Turkish Airways. Tetapi untuk beberapa alasan, mereka tidak mengizinkan saya dalam penerbangan dan saya menemukan diri saya kembali ke titik awal," ujarnya.

"Saya putus asa. Saya tidak bisa tinggal di bandara ini lebih lama lagi. Ketidakpastian itu membuat saya gila. Rasanya seperti hidup saya mencapai titik terendah baru," sambungnya.

Tak hanya sampai di situ, Hassan pun bercerita bahwa dirinya diharuskan untuk membayar denda untuk 'overstay' dan pada tahun 2017. Ia juga diberikan tenggat waktu selama tiga bulan untuk tetap berada di Malaysia sambil mencari solusi.

Sementara itu, Komisaris Tinggi PBB untuk permentasi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa badan pengungsi itu sadar akan kasus ini dan telah "menjangkau individu dan pihak berwenang," ujarnya. (detikcom)
 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...