Skip to main content

Pria Jepang yang Apes, Kena Tangkap Gegara Gagal Selundupkan Reptil

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Seorang pria Jepang telah ditangkap di Indonesia karena diduga berusaha menyelundupkan ratusan reptil dari nusantara, termasuk ular, kadal dan kura-kura.

Katsuhide Naito, yang dipercaya sebagai pemain utama dalam perdagangan penyelundupan satwa liar, ditahan di bandara utama Jakarta saat ia hendak naik pesawat ke Tokyo dengan lebih dari 250 hewan tersembunyi di tasnya.

"Pejabat menjadi curiga melihat dia dengan begitu banyak koper," kata Tisna Nando, juru bicara LSM Wildlife Conservation Society.

"Setelah dibuka, kami menemukan ratusan reptil, kebanyakan mereka masih hidup."

Nando mengatakan reptil itu dimasukkan ke dalam empat koper dan satu kotak, dan empat lainnya tewas.

Ruchyana, seorang pejabat dari operator bandara mengatakan bahwa pria berusia 51 tahun itu tertangkap Senin malam membawa spesies yang dilindungi termasuk ular hutan hijau, kadal dari pulau Kalimantan dan kura-kura berhidung babi.

Sebelum tiba di Jakarta, Naito pernah berada di Medan. Dia bisa menghadapi hukuman tiga tahun penjara jika terbukti melanggar hukum satwa liar Indonesia.

Wildlife Conservation Society percaya Naito adalah bagian dari sindikat penyelundupan satwa liar yang lebih besar.

"Kami percaya dia adalah pemain besar dan bagian dari sindikat yang telah aktif dalam perdagangan satwa liar selama lebih dari 12 tahun," kata Nando.

Dia ditangkap pada tahun 2005 di Australia karena mencoba menyelundupkan reptil ke negara tersebut dari Asia Tenggara, katanya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top