Pria Juga Mengalami Menopause

Rusmanto
Rusmanto

Pria Juga Mengalami Menopause ilustrasi

Winnetnews.com -  Menopause hanya terjadi pada wanita baik secara medis atau teknis. Kondisi ini muncul karena usia wanita sudah cukup tua dan terjadi penurunan fungsi organ seksualnya. Penurunan organ seksual pada wanita terjadi pada ovarium sehingga sel telur tidak diproduksi lagi dan ada perubahan hormon estrogen yang cukup signifikan.

Tanda Menopause pada Pria

Kondisi yang hampir sama seperti menopause juga terjadi pada pria. Secara medis istilah menopause pria mungkin tidak ada. Namun, beberapa dokter sering menyebut kondisi ini dengan nama andropause. Kondisi andropause ini cukup memengaruhi kehidupan pria secara menyeluruh sehingga mereka harus bertahan agar kondisi tidak parah.

Berikut beberapa tanda andropause dan cara bertahannya yang tepat.

1. Mengalami Stres dan Depresi

Begitu memasuki fase andropause, pria akan memiliki kadar testosteron yang cukup rendah. Penurunan testosteron ini bisa terjadi secara alami saat pria berusia 30 tahun. Setiap penambahan usia, kadar hormon akan menurun sekitar 1 persen. Jadi bisa dibayangkan kalau pria berusia 60 tahun berapa penurunannya.

Penurunan testosteron yang cukup signifikan ini membuat tubuh mengalami gangguan pada fungsi psikologisnya. Pria akan sering mengalami stres dan depresi yang akut. Kondisi ini bisa membuat pria susah ereksi, tidak bisa menikmati seks, dan gangguan lain yang membuat kecemasan jadi menumpuk dengan cukup signifikan. Lakukan konsultasi dokter atau perbanyak komunikasi dengan pasangan.

2. Kualitas Tidur Pria Menurun

Anjloknya level testosteron di dalam tubuh tidak hanya menyebabkan stres yang berlebihan dan membuat pria merasa tidak berguna. Kondisi ini juga menyebabkan pria susah tidur karena merasa ada yang salah dengan tubuhnya. Perasaan gelisah ini membuat pria jadi sering terbangun tengah malam dalam kondisi sedih atau bersalah.

Wanita juga mengalami kondisi ini disertai dengan rasa panas di seluruh tubuhnya. Rasa panas ini membuat wanita jadi susah tidur. Pria mungkin tidak akan mengalami panas pada tubuhnya, tapi kondisi tidak nyaman bisa mengganggu tidur. Beberapa pria yang mengalami kondisi ini akan sering merasa pusing dan tubuh lemas. Cara terbaik atasi kondisi ini adalah olahraga rutin.

Apa Reaksi Kamu?