Problematika Rambut Pria

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Problematika Rambut Pria
Wingamers – Membicarakan masalah rambut, kebanyakkan pria dan wanita mengalami masalah rambut yang sama. Dari mulai ketombe, rontok dan lain-lain. Melansir Men's Health, berikut masalah rambut yang biasa dialami para pria dan cara mengatasinya. Yuk disimak ..

Ketombe

Masalah ketombe sebenarnya lebih kepada masalah kulit kepala. "Kulit kepala yang mengelupas dan iritasi dikarenakan reaksi alergi pada jamur yang tumbuh secara alami di kulit kepala semua orang," ungkap Dr. Joshua Zeichner dari Mount Sinai Hospital.

Menggunakan anti-dandruff shampoo menjadi solusi pertama. Cari sampo yang mengandung bahan-bahan seperti selenium sulfide, zinc pyrithione dan asam salisilat yang dapat menyerang sumber utama yang menyebabkan ketombe. Bahan-bahan itu juga dapat membunuh jamur dan mengangkat sel kulit yang berlebihan. Bila sampo tidak bekerja, konsultasikan masalah ini ke dermatologis Anda.

Garis Rambut yang Mundur

Apabila sudut garis rambut Anda mulai mundur, berarti saatnya untuk mengubah gaya rambut Anda. Master baber, Jeffrey Yabut menyarankan perubahan gaya rambut yang tidak terlalu drastis. "Gunakan (sisa) rambut yang Anda miliki, dan tetap men-style-nya senatural mungkin," papar Yabut. Ciptakan ilusi pada rambut yang membuat kesan penuh. Style belah samping yang ekstrem bisa menutupi garis rambut dan membuat rambut terlihat penuh serta tekstur potongan rambut yang bervariasi akan membuat rambut Anda terlihat penuh. Konsultasikan gaya rambut Anda ini dengan barber Anda untuk menemukan potongan dan style yang tepat yang bisa menutupi garis rambut Anda yang semakin mundur.

Rambut Menipis

Rambut tipis sangat tricky untuk di-style. Yang harus diingat, ciptakan volume pada rambut sebanyak dan sepenuh mungkin. Salah satu caranya adalah dengan melakukan potongan rambut yang benar dan produk rambut yang tepat. Boswell Scott, pemilikbarbershop di New York merekomendasikan beberapa tips potongan rambut untuk Anda yang rambutnya mulai menipis. Salah satunya adalah, bila rambut bagian atas lebih tipis, tebal di bagian samping dan belakang, Anda bisa menipiskan bagian yang tebal untuk memberikan kontras pada rambut yang membuat rambut bagian atas jadi lebih tebal.

Uban

Bila Anda memutuskan untuk membiarkan uban tumbuh, dan bergaya silver hair, maka perawatan rutin pada rambut untuk mencegah dehidrasi pada rambut harus rutin dilakukan. Gunakan sampo, kondisioner dan styling cream yang mengandung pelembab.

Rambut Tebal Bergelombang

Di cuaca yang panas dan lembab, rambut tebal dan bergelombang bisa jadi masalah. Menurut Jeffrey Yabut, strategi yang paling mudah adalah dengan memotong bagian samping dengan potongan pendek dan bersih. Bagian atas rambut dibiarkan sedikit panjang agar lebih mudah saat styling. Banyak pria yang berlebihan menggunakan produk rambut untuk mengatur rambutnya yang tebal dan bergelombang, padahal ini akan membuat rambut menjadi berat dan lengket. Untuk si rambut tebal bergelombang, pilih produk yang lebih banyak mengandung pelembab dan vitamin sehingga membuat rambut tebal mudah diatur.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});