Skip to main content

Produksi Ethanol, Ikan Mas Koki Tetap Hidup Dalam Es

Ikan mas koki yang dibekukanIstimewa
Ikan mas koki yang dibekukanIstimewa

WinNetNews.com - Iklim ekstrim akhir dekade belakangan ini membuktikan adanya perubahan cuaca di bumi. Di sebagian belahan bumi bahkan suhu ekstrim kerap terjadi.

Nah, bagaimana jika kemudian bumi mengalami periode terdinginnya karena perubahan iklim sehingga membuat segalanya nyaris membeku? Adakah mahluk hidup yang selamat? Bagaimana mereka bisa selamat?

Sekilas itu seperti pertanyaan iseng. Tapi kini, para peneliti sudah memiliki jawabannya.

"Hasil penelitian kami membuktikan bahwa keluarha ikan mas khususnya ikan mas koki mampu hidup dalam kondisi membeku, terperangkap dalam es," ungkap ahli Biologi Universitas Liverpool, Dr. Michael Berenbrink, Sabtu (12/08/2017).

Bersama timnya, ia meneliti ikan dari berbagai jenis dengan cara membekukannya. Ternyata, ikan-ikan jenis ikan mas itu yang mampu hidup karena tubuh mereka mengeluarkan asam laktat yang kemudian menjadi ethanol atau alkohol murni. Ethanol inilah yang kemudian mencairkan es yang awalnya memerangkap mereka. Ikan mas koki merupakan hewan yang paling terkuat memproduksi ethanol dari rantai penelitian itu.

"Asam laktat itu diproduksi tubuh ikan mas koki dari gerakan otot yang mereka gunakan dengan menggunakan energi karbohidrat. Hanya ikan mas koki dan keluarganya yang memproduksi ethanol," lanjutnya.

Bukan itu saja, saat ikan mas koki diletakkan dalam toples lalu dibekukan, mereka justru tetap hidup bahkan bereproduksi seperti layaknya di air biasanya.

"Dapat diasumsikan bahwa seluruh keluarga ikan mas koki yaitu ikan mas, merupakan mahluk hidup yang mampu bertahan jika bumi mengalami kondisi membeku," tegas Ketua tim peneliti lain asal Universitas Oslo, Dr. Cathrine Elisabeth Fagernes, seperti dikutip Mirror, Sabtu (12/08/2017).

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top