Profesor Harvard Sebut Uang Sebagai Sumber Kebahagiaan
Ariana Grande dalam video klip 7 Rings (foto: YouTube)

Profesor Harvard Sebut Uang Sebagai Sumber Kebahagiaan

Minggu, 15 Des 2019 | 08:51 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Setiap orang tentu ingin merasa bahagia dalam hidupnya. Beberapa petuah bijak bahkan menyebut jika hidup di dunia sejatinya adalah mencari kebahagiaan. Banyak dari orang mencari kebahagiaan dengan membeli kenyamanan. Untuk mencapai hal yang satu ini, kamu tentu perlu menghasilkan lebih banyak uang. Kenyamanan versi banyak orang sering diasosiasikan dengan adanya rumah mewah, mobil, hingga gadget super canggih. Ini membuktikan bahwa uang sebenarnya bisa membawa kebahagiaan.

Uang merupakan sumber kebahagiaan ini kemudian dibenarkan oleh seorang profesor dari Harvard University. Sebuah podcast Harvard Business School Ashley Whillans mengungkap sesuatu yang selama ini tidak disadari banyak orang. Menurut Ashley, memiliki banyak uang yang bisa digunakan untuk membeli waktu luang terbukti bisa membuat orang lebih bahagia. Salah satu contoh yang digambarkan Ashley adalah kemampuan seseorang menyuruh orang lain atau mesin untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

image0
Ilustrasi: Palmetto First Federal Credit Union

Uang memang panda kenyataanya dapat membeli kebahagiaan. Hal tersebut karena. Hal ini kadang berlaku untuk sesuatu yang tidak disadari banyak orang, seperti punya banyak waktu luang karena tidak perlu mencuci baju dan beres-beres rumah. Untuk skala yang lebih besar, uang bisa membuat hati lebih bahagia dengan cara membeli rumah atau apartemen yang dekat dengan kantor sehingga tidak perlu menghabiskan waktu untuk berjalan.

Kuncinya adalah memastikan bahwa waktu luang tersebut bisa membuat sesuatu jadi berharga dan bermakna. Misalnya dengan menggunakan waktu akhir pekan untuk berlibur bersama keluarga daripada mengerjakan pekerjaan lembur kantor.

“Hanya dengan hal simpel seperti berpikir menggunakan uang untuk memiliki lebih banyak waktu bebas terlihat bisa membuat orang merencanakan waktu mereka sedikit lebih baik. Jika aku ingin mengeuarkan biaya ini untuk waktu bebas yang lebih banyak, maka aku akan pastikan untuk bisa menikmati waktu luang sebebas yang aku suka,” papar Ashley.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...