Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Mengajak Seluruh BUMN Agar Ikut Berpartisipasi
sumber foto : istimewa

Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Mengajak Seluruh BUMN Agar Ikut Berpartisipasi

Senin, 8 Mei 2017 | 21:44 | Oky

Winnetnews.com - BPJS Ketenagakerjaanmengapresiasikepatuhansejumlah BUMN yangsudahmengikutsertakanpegawainyadalamprogram jaminan sosial ketenagakerjaan. Lebih lanjut,BPJS KetenagakerjaanmemintaseluruhBUMN lainnya untukberpartisipasi.

Direktur PelayananBPJS KetenagakerjaanKrishna Syarif mengatakan, sesuai dengan peraturan perundang-undangan,seluruhBUMN wajibmengikutsertakanpegawainyakedalamempatprogram.

Krishnamengapresiasitiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang telah melaksanakan kewajiban sebagai peserta aktif dan tertibdalamprogramBPJS Ketenagakerjaan.Kepatuhantersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian kepada kesejahteraan pekerja dan implementasiGood Corporate Governance(GCG).

PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah mendaftarkan para pekerjanya melalui empatprogramjaminansosialketenaga kerjaan yaituJaminanKecelakaan Kerja (JKK),JaminanHari Tua (JHT),JaminanPensiun (JP) danJaminanKematian.

Sementara itu, PTPertamina(Persero) danPT Perusahaan Listrik Negara (Persero) telah mendaftarkan semua pekerjanya dengan upah sebenarnya, sedangkan untukprogramJP masihdalamproses.

“Perusahaan-perusahaan initelah mendaftarkan semua tenaga kerjanya untuk mengikutiseluruhprogramkami dengan upah yang sebenarnya. Kami pun berharap perusahaan BUMN lainnya dapat segera mengikuti,” kata Krishna, Senin (8/5/2017).

Dia mengatakan, manfaatBPJS Ketenagakerjaansangat lengkap sehingga dapat dirasakan oleh para pekerja. Dengan demikian, produktifitas pegawai diharapkan ikut terdorong.

"Perusahaan sangat diuntungkan dengan keikutsertaan padaprogramBPJS Ketenagakerjaan, karena semua risiko terkait pekerjaan, baik kecelakaan kerja, hari tua dan kematian telah kami urus,” katanya.

Bahkan, saat iniBPJS Ketenagakerjaanjuga memberikan manfaat untuk pekerja usia produktif,dalambentuk Manfaat Layanan Tambahan (MLT) untuk pembiayaan perumahan pekerja dengan bekerjasama dengan perbankan.

Pihaknya berharapseluruhdireksi dapat membantu menyebarluaskan hal tersebut untuk memperluas kepesertaanBPJS Ketenagakerjaan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...