Program OJK Untuk Bantu Petani dan Nelayan di Brebes

Program OJK Untuk Bantu Petani dan Nelayan di Brebes

Senin, 11 Apr 2016 | 08:13 | Rusmanto
WinNetNews.com - Hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Agenda utamanya yakni peluncuran 'Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat' di Desa Larangan, yang menjadi sentra produksi bawang merah di kabupaten yang terletak di Pantura tersebut.

Percontohan ekonomi kerakayatan, salah satunya program yang akan dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Beberapa program kerja OJK tersebut merupakan program keroyokan dari sejumlah kementerian.

"OJK Terus memperkuat program ekonomi kerakyatan di sektor jasa keuangan sejalan dengan program pemerintah dalam mendorong ekonomi kerakyatan, antara lain dengan meningkatkan akses pembiayaan bagi petani dan UMKM, serta memperluas akses keuangan bagi kelompok petani dan UMKM di perdesaan," kata Kepala Departemen Komunikasi dan Internasional, Slamet Edi Purnomo, dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/4/2016).

Beberapa program OJK yang akan disaksikan Jokowi di Brebes antara lain pertama peresmian Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) wilayah Jateng, Brebes, Tegal, Batang, Purwokerto, dan Solo dengan penanandatangan SK Gubernur/Bupati/Walikota.

Kedua penyerahan akad kredit/pembiayaan kepada pengusaha budidaya ikan melalui program Jaring. Ketiga program perluasan agen Laku Pandai di Brebes.

Keempat aktivasi Simpel Bank Jateng, dengan penyerahan tabungan Simpel (simpanan pelajar) kepada siswa anak petani bawang dan anak pengusaha UMKM. Kelima asuransi mikro dan penyerahan polis asuransi bagi petani dan peternak

Keenam pembiayaan (leasing) barang modal untuk alat dan mesin pertanian.

disadur dari situs detik news

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...