(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Program yang Paling Menarik Perhatian dari Sandiaga Uno di Debat Semalam

Daniel
Daniel

Program yang Paling Menarik Perhatian dari Sandiaga Uno di Debat Semalam Sandiaga Uno

Winnetnews.com - Debat Pilpres 2019 ronde ketiga dilangsungkan semalam di Hote Sultan. Salah satu program yang menarik perhatian pada debat calon wakil presiden semalam adalah penghapusan ujian nasional yang dicanangkan oleh paslon 02, disampaikan oleh Sandiaga Uno.

Debat calon wakil presiden semalam mengangkat empat tema, salah satunya adalah mengenai pendidikan. Menurut Sandi, ujian nasional yang dihapus nantinya akan “digantikan dengan penelusuran minat dan bakat.”

Selain memerhatikan soal sistem ujian nasional, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut juga turut menyoroti kualitas dan kesejahteraan pengajar yang ada saat ini. Sandiaga mau Indonesia bisa “meningkatkan kualitas guru, terutama guru honorer.”

Soal rencana Sandiaga untuk menghapuskan ujian nasional, pengamat pendidikan Indra Charismiadji menilai hal itu memang diperlukan. Pengamat pendidikan dari Center of Education, Regulation, and Development Analysis (CERDAS) itu menilai “Tes standar itu bikin anak bodoh.”

“UN memang sudah lama ingin dihapus, dari kami yang rapat berulang kali di Kemendikbud. Skema penilaian kemampuan siswa menggunakan tes, nilai, tidak lagi cocok diterapkan pada era Revolusi Industri 4.0,” ujar Indra seperti dikutip dari Republika.

 

 


Penulis : Daniel
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});