Properti Luar Jawa Menggeliat

Properti Luar Jawa Menggeliat

Senin, 1 Feb 2016 | 13:09 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Ali Tranghanda, chief executive officer (CEO) Indonesia Property Watch (IPW) mengatakan, properti tahun 2016 bakal kembali tumbuh dengan baik.

Pertumbuhan properti itu tidak hanya terjadi di Jakarta dan sekitarnya, tapi kota-kota baru juga mulai menggeliat, terutama di luar pulau Jawa. Dia mencontohkan, properti di Medan, Makasar, dan Manado.

“Pertumbuhan itu sebenarnya sudah mulai terasa. Bisnis properti jangan dilihat Jakarta, Jabodetabek, dan Surabaya saja. Saat ini sudah tumbuh di luar pulau Jawa seperti Medan, Makasar, dan Manado. Ini sebenarnya peluang besar bagi pengembang, karena kota baru tersebut pertumbuhan ekonominya cukup membaik,” kata dia di Jakarta, belum lama ini.

Menurut Ali, sektor yang baik saat ini adalah masih sektor residensial, terlebih rumah tapak untuk kelas menengah bawah.

“Pengembang harus pintar-pintar mencari segmen pasar, kalau kelas atas jenuh, ya bisa lirik pasar kelas menengah yang saat ini pasarnya masih tinggi, terutama untuk harga Rp2 miliar ke bawah sampai Rp500 jutaan,” kata dia.

Associated Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto menilai, bisnis properti masih akan tetap tumbuh pada tahun ini. Bahkan, dia menilai, akan lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu. Baik itu untuk sektor perkantoran maupun residensial.

“Tahun ini kami masih optimistis pasar properti akan lebih baik. Meski pada kuartal pertama akan berjalan flat,” kata dia, di Jakarta, belum lama ini.

(seperti dilansir dari Berita Satu)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...