Skip to main content

Proses Identifikasi Otoritas Arab Saudi Berjalan Lambat

Proses Identifikasi Otoritas Arab Saudi Berjalan Lambat
Proses Identifikasi Otoritas Arab Saudi Berjalan Lambat

Jakarta, wingamers (14/9) - Proses Identifikasi jenazah oleh pemerintah Arab Saudi berjalan relatif lamban. Hingga saat ini pemerintah Arab Saudi belum berhasil menuntaskan proses identifikasi tersebut, baru beberapa jenazah saja yang berhasil diidentifikasi oleh petugas Arab Saudi.

Seluruh negara yang warganya turut melaksanakan ibadah haji di Mekah, masing-masing mengirimkan diplomat untuk melakukan identifikasi. Dengan upaya yang dilakukan oleh masing-masing negara diharapkan dapat membantu dan mempercepat proses identifikasi yang dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi.

Sementara itu, otoritas Arab Saudi mengalami kesulitan dalam melakukan identifikasi korban, para diplomat dari berbagai negara yang warganya ikut menjadi korban malah jauh lebih cepat melakukan identifikasi. Para diplomat langsung mengirimkan petugasnya ke beberapa rumah sakit tempat korban dilarikan, sehingga proses identifikasi mereka bisa lebih cepat.

Beberapa kelompok jemaah calon haji dari berbagai negara yang jemaahnya dikabarkan hilang, diindikasikan menjadi korban jatuhnya crane di sekitar lokasi thawaf itu.

Untuk diketahui, pemerintah Arab Saudi melakukan identifikasi terhadap jenazah korban jatuhnya crane dengan cara memfoto wajah korban, serta mengidentifikasi barang-barang yang dikenakan oleh korban. Masing-masing jenazah juga memakai gelang yang berisi identitas jenazah tersebut.

Kabar menyebutkan bahwa di hari Sabtu, semua konsulat menyiapkan daftar orang-orang yang masih hilang. Para konsulat menyerahkan data-data jemaah yang pergi ke Masjidil Haram pada hari Jumat namun tak kembali, untuk dicocokan dengan jenazah yang ada.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top