Protein Penting Untuk Turunkan Berat Badan

Protein Penting Untuk Turunkan Berat Badan

 Wingamers.com - Protein penting untuk turunkan berat badan. Menambah asupan protein dua kali lipat dari asupan yang direkomendasikan dapat membantu menurunkan berat badan tanpa kehilangan massa otot. Dalam sebuah riset yang diterbitkan di jurnal The FASEB, periset mengumpulkan 39 pasien dalam program penurunan berat badan lebih dari 31 hari. Awalnya, semua peserta penelitian diberi pola makan sama untuk menjaga berat badan awal.

Setelah 10 hari mereka dibagi menjadi tiga kelompok, kelompok pembatasan kalori yang makan protein berdasarkan rekomendasi harian, kelompok yang makan dua kali dari rekomendasi harian dan kelompok yang makan tiga kali rekomendasi harian protein.

Peneliti menemukan, mereka yang makan dua kali protein mampu menurunkan lemak tanpa kehilangan massa otot, ketika berolahraga sambil mengatur pola makan. Peserta penelitian yang makan tiga kali protein tidak mengalami penurunan berat badan lebih dari kelompok dua kali asupan rekomendasi harian.

Saat menurunkan berat badan, kehilangan massa otot seharusnya tidak boleh terjadi, karena otot adalah mesin pembakar kalori. Penelitian ini membuktikan, jika kita aktif dan sehat, menambah asupan protein sembari membatasi kalori mungkin jadi jalan untuk penurunan berat badan dalam jangka pendek. Setelah itu, kita mesti mengikuti pola makan sehat seimbang dalam jangka panjang. (MT)