Protein Tidak Hanya Dari Daging

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Protein Tidak Hanya Dari Daging

 Wingamers.com - Protein tidak hanya dari daging. Jika daging terlalu mahal maka bisa diganti kacang. Kacang-kacangan kaya akan protein dan nutrisi yang penting untuk membuat kita merasa kenyang. Protein adalah zat gizi yang penting untuk menjaga otot dan tulang, memiliki sistem imun yang sehat, dan mencegah kelelahan. Tetapi pilihan protein bukan hanya daging. Mengubah protein berbasis daging dengan kacang-kacangan ternyata memiliki efek yang sama.

Selain protein, kacang juga kaya akan serat yang membantu menekan rasa lapar dengan cara membuat proses pencernaan lebih lambat. Serat juga berperan penting dalam mengontrol kadar gula darah.  The American dietetic Association juga mengelompokkan kacang-kacangan sebagai pilihan makanan sehat untuk penurunan berat badan. Bahkan mengasup 3 cangkir kacang setiap minggu bisa menurunkan risiko penyakit kronik seperti obesitas, kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Tidak semua protein sama. Protein terbentuk dari asam amino yang dibuat tubuh dengan dua cara. Bisa dari tubuh atau dari makanan. Beberapa jenis asam amino esensial harus didapatkan dari makanan, dan protein hewani memiliki kandungan asam amino yang lengkap yang diperlukan tubuh.

Protein nabati seringkali tidak memiliki satu atau lebih asam amino esensial, itu sebabnya total mengubah asupan protein hewani menjadi nabati bisa menyulitkan. Untuk itu dianjurkan mengasup beragam jenis protein nabati.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});