Protes Insentif Kecil, Driver Gosend Mogok Massal Mulai Hari Ini
Ilustrasi driver Gosend (Foto: ANTARA)

Protes Insentif Kecil, Driver Gosend Mogok Massal Mulai Hari Ini

Selasa, 8 Jun 2021 | 11:58 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -   Driver Gojek untuk layanan GoKilat atau GoSend Same Day Delivery (SMD) menegaskan akan mulai melakukan mogok massal hari ini Selasa (8/6) dengan cara off bid.

Perwakilan pengemudi GoSend SMD Jabodetabek Yulianto menjelaskan keputusan mogok massal itu merupakan buntut dari pihak GoTo yang mengubah insentif para driver secara sepihak.  Skema insentif yang baru dinilai merugikan driver karena nilainya lebih kecil dari sebelumnya.

"Aksi akan dilakukan serentak di Jabodetabek tiga hari, tanggal 8, 9 dan 10 Juni," ujar Yulianto dikutip dari CNNIndonesia.com Selasa (8/6).

Yulianto menilai keputusan sepihak tersebut melanggar ketentuan perundang-undangan di Indonesia. Pasalnya, Undang-Undang nomor 20 tahun 2008 tentang Kemitraan tidak membolehkan adanya keputusan sepihak tetapi melalui perundingan bersama yang menguntungkan para pihak yang bermitra.

"Keputusan sepihak oleh GoTo sebagai karya anak bangsa tentu bertentangan dengan aturan kemitraan di negara Indonesia ini," ucapnya.

Skema insentif terbaru ini, menurut Yulianto juga bertentangan dengan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 12 tahun 2019 yang mengatur penentuan biaya jasa dari driver atau kurir roda dua.

"Kami sebenarnya enggak masalah insentif berkurang, tapi per kilometer dinaikkan. Ini sama sekali. Mereka tetap terapkan skema baru yang menurut kami tidak masuk akal tanpa ada solusi seperti perubahan argo. Sekarang kan argonya Rp2.000 per kilometer," jelasnya.

Yulianto mengatakan, selain aksi mogok massal, jika tuntuta mereka tak dikabulkan, driver Gosend juga berencana melakukan aksi demonstrasi ke Kantor Kementerian Perhubungan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...