Provinsi Ini Punya Peluang Besar Jadi Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia
Jakarta

Provinsi Ini Punya Peluang Besar Jadi Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia

Senin, 27 Mei 2019 | 14:50 | Daniel

Winnetnews.com - Wacana soal pemindahan ibu kota masih menggantung. Menurut Pengamat ekonomi Dr. Aji Sofyan Effendi, provinsi Kalimantan Timur memiliki peluang besar untuk ditunjuk sebagai lokasi ibu kota selanjutnya dari Indonesia.

Menurut Aji, ada beberapa faktor yang mendukung Kaltim untuk ditunjuk sebagai lokasi ibu kota jika memang benar dipindahkan. Selain itu, Pemprov Kaltim juga disarankan untuk melakukan lima langkah strategis seperti melengkapi kajian dari Pemprov Kaltim dengan pemerintah pusat.

“Sekarang alternatifnya sudah mengerucut pada dua lokasi yakni di Kaltim atau di Kalteng. Namun, pusat akan menentukan pilihannya di Bukit Soeharto, Kecamatan Samboja, jika Pemprov Kaltim melakukan lima langkah strategis,” kata Aji Sofyan seperti dikutip dari Antara.

Aji juga menilai, pemilihan Kaltim sebagai ibu kota memiliki dampak positif pada berkurangnya kesenjangan antara Kawasan Barat Indonesia dan Kawasan Timur Indonesia. Dengan begitu, hal ini jadi penting demi menjaga keutuhan NKRI.

“Hal yang juga perlu ditampilkan dalam kajian adalah jika Kaltim dipilih sebagai pusat pemerintahan baru, dapat dipastikan kesenjangan Kawasan Barat Indonesia (KBI) dan Kawasan Timur Indonesia (KTI) semakin mengecil,” jelasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...