Proyek Satelit Milik BRI

Proyek Satelit Milik BRI

WinNetNews.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. menyampaikan proses pembuatan satelit BRI atau BRIsat yang dilaksanakan di pabrik space systems/loral, LLC, (SSL) Palo Alto, California sudah mencapai lebih dari 50%.

Sekretaris Perusahaan BRI melalui keterangan resminya, Senin (19/10/2015) mengatakan sesuai perhitungan awal, mulai dari pembuatan desain, proses manufacturing, hingga shipment dan launch campaign BRISat di Kourou French Guiana akan memakan waktu 25-26 bulan sejak tanggal efektif kontrak.

“Jika tidak ada aral melintang, launching BRISat akan dilaksanakan sebelum pertengahan 2016,” katanya.

Dia menuturkan untuk mendukung operasional satelit, BRI juga telah menyiapkan infrastruktur pendukungnya di Ragunan, Jakarta Selatan. BRI membangun primary satellite control facility yang saat ini progress pembangunannya sudah mencapai 90%.

Demikian pula BRI membangun back up satellite control facility dengan progress pembangunan mencapai 80% di Tabanan, Bali.

“Itu di desain fully redundand. Jadi saat terjadi problem di Ragunan, operasional satelit bisa di handle di Tabanan,” ujar Budi.

Sementara itu, operasional satellite control facility nantinya akan dilakukan SDM dari internal BRI sendiri. Untuk itu, staf-staf BRI yang nantinya ditunjuk untuk mengoperasikan satellite control facility tersebut saat ini sedang menjalani program pelatihan operasional satelit di pabrik SSL Palo Alto, California.