PSSI Terus Matangkan Rencana Penggunaan VAR untuk Liga 1

Daniel
Daniel

PSSI Terus Matangkan Rencana Penggunaan VAR untuk Liga 1 VAR

Winnetnews.com - Penggunaan Video Assistant Referee (VAR) telah dilakukan di banyak liga dan turnamen di dunia. Tidak mau ketinggalan, PSSI berencana untuk juga menggunakan teknologi paling terbaru itu di kompetisi Liga 1 musim ini.

Sejauh ini PSSI masih mematangkan perencanaan untuk menggunakan teknologi VAR pada pertandingan Liga 1. Organisasi tertinggi sepak bola Indonesia tersebut sudah mengajukan penggunaan VAR kepada FIFA.

Keputusan untuk menggunakan VAR di Liga 1 sendiri merupakan hasil kesepakatan dari rapat Komite Eksekutif PSSI pada Mei 2019. Untuk bisa mengaplikasikan VAR pada sebuah laga, nantinya harus ada minimum tiga operator yang terdiri dari dua wasit yang telah tersertifikasi dan satu orang operator. Plus, empat orang wasit dan asisten di lapangan yang sudah melalui training khusus.

Diakui oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, saat ini PSSI tengah mencari provider untuk menyediakan teknologi VAR. “PSSI sudah membuka pembicaraan dengan provider atau penyedia teknologi VAR,” ujar Ratu Tisha deperti dikutip dari laman PSSI.

VAR sendiri pertama kali digunakan pada ajang Piala Dunia 2018 di Rusia. Fungsi dari VAR pada dasarnya membantu wasit untuk melakukan review pada sebuah momen atau pelanggaran yang luput dari pantauan atau memerlukan observasi lebih detail.

Apa Reaksi Kamu?