Skip to main content

PT Jakarta Tourisndo Gandeng Bamus Betawi Jadi Hotel Percontohan Budaya Betawi

Peresmian Rumah Souvernir Betawi di Hotel Grand Cempakafoto: wibi wnn
Peresmian Rumah Souvernir Betawi di Hotel Grand Cempakafoto: wibi wnn

WinNetNews.com - Selaku pelaku bisnis di industri pariwisata, PT Jakarta Tourisindo (Jaktour) sebagai salah satu BUMD Perhotelan dan Jasa milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta turut mendukung program pelestarian budaya betawi yang berbasis kearifan lokal dengan cara menerapkan budaya betawi di hampir seluruh jaringan hotel yang dimilikinya. Berbagai ornamen batik betawi, patung ondel-ondel, makanan dan minuman khas betawi serta baju sadariah yang dikenakan oleh petugas front line akan segera diterapkan untuk menunjukkan ikon-ikon betawi yang mungkin sebagian masyarakat belum benar-benar paham terhadap hal tersebut diatas.

Dengan menampilkan ornamen budaya betawi, Hotel Grand Cempaka Bisnis siap menjadi hotel percontohan yang menerapkan budaya betawi sebagai ciri khasnya.

Oleh karena itu, pada Senin, (19/6/2017), Jaktour menandatangani Memo of Understanding (MoU) bersama Badan Musyawarah Betawi (Bamus Betawi) meresmikan Rumah Souvenir Betawi dan juga sebagai penanda upaya Jaktour untuk menjadikan Hotel Grand Cempaka Business sebagai hotel percontohan yang melestarikan budaya Betawi.

Peresmian Rumah Souvernir Betawi di Jaktour

Talkshow "Peluang dan Tantangan Penerapan Budaya Betawi dalam Bisnis Perhotelan di Jakarta"/foto: wibi wnn

Hal ini dilakukan sebagai wujud dukungan Jaktour terhadap penerapan Perda Nomor 229 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pelestarian Kebudayaan Betawi serta Pergub Nomor 11 Tahun 2017 tentang Ikon Budaya Betawi.

“Dalam kerjasama ini kami mencoba dimana hotel ini dapat menjadi percontohan pelestarian budaya Betawi. Saat ini kami juga sedang menyiapkan satu kajian dan nantinya memaparkan bagaimana Jaktour dapat berperan langsung dalam memajukan industri pariwisata DKI Jakarta,” ujar Emeraldo Parangkuan, Direktur Utama Jaktour.

Rumah Souvenir Betawi nantinya akan diisi dengan hasil kerajinan UMKM yang merepresentasi 8 ikon budaya Betawi seperti batik Betawi, kebaya kerancang, baju sadariah, ondel-ondel, kembang kelapa, bir pletok dan kerak telor.

Peresmian Rumah Souvernir Betawi di Jaktour

Panitia Media Gathering"Peluang dan Tantangan Penerapan Budaya Betawi dalam Bisnis Perhotelan di Jakarta"

Sebagai hotel percontohan, Hotel Grand Cempaka Business sudah mempersiapkan berbagai ornamen khas Betawi di sudut Lobby hotel. Selain itu Emeraldo mengatakan saat ini ada 30 unit kamar hotel yang sudah diremajakan dan dihiasi dengan ornamen khas Betawi.

Pada kesempatan yang sama Ketua Bamus Betawi, Zainudin, menyampaikan, dirinya menyayangkan budaya Betawi semakin terkikis dan terlupakan dari kehidupan sehari-hari warga Jakarta. Namun dengan diterbitkannya peraturan mengenai pelestarian kebudayaan Betawi, Zainudin optimis budaya Betawi dapat kembali hidup di Jakarta.

“Ini himbauan tentang penerapan budaya Betawi baru 3 bulan, saya yakin setahun, lima tahun ke depan akan ada rasa Betawi di Jakarta,” ujarnya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top