Skip to main content

PT KAI Persiapkan 3 Tahap Untuk Rampungkan Jalur Kereta Barang Pasoso-Tanjung Priok

PT KAI Persiapkan 3 Tahap Untuk Rampungkan Jalur Kereta Barang Pasoso-Tanjung Priok
PT KAI Persiapkan 3 Tahap Untuk Rampungkan Jalur Kereta Barang Pasoso-Tanjung Priok

Jakarta, wingamers (15/9) - Rencana Pembangunan jaringan kereta api khusus barang dari stasiun pasoso ke pelabuhan tanjung priok direncanakan akan rampung pada akhir tahun 2015. Ke depannya proyek ini tidak hanya mampu meperluas akses jaringan kereta api barang di Jakarta dan sekitarnya, tetapi juga mampu menghubungkan Pelabuhan Tanjung Priok dengan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, serta pelabuhan-pelabuhan besar lainnya.

Selain proses pembebasan lahan ada tiga tahapan lagi yang tengah dipersiapkan KAI antara lain, penyelesaian analisa dampak lalu lintas, pekerjaan jalur dan bangunan KA, serta fasilitas operasi. Pihak KAI hingga saat ini masih menyusun desain rel beserta semua hal yang terkait dengan fasilitas operasi.

Setelah rel KA ke pelabuhan telah selesai disambung, akan ada peningkatan frekuensi KA barang yang menghubungkan Priok dengan stasiun kalimas di dekat pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Untuk rute tersebut saat ini telah ada sekitar 14 rangkaian KA. Nantinya PT KAI akan menyiapkan 20rangkaian yang mampu menampung 60 kontainer per satu rangkaian.

Sementara itu PT KAI juga akan menyiapkan skema operasional KA barang yang lintasannya bersinggungan dengan KA penumpang. Sebab peningkatan frekuensi KA barang akan mempengaruhi operasional KA Penumpang, khususnya bagi KRL di wilayah Jakarta.

Kedepannya skema perjalanan yang memanfaatkan terminal CDP akan berasal dari Tanjung Priok ke Surabaya, CDP akan digunakan sebagai fasilitas penimbangan barang. Sedangkan dari Surabaya ke Tanjung Priok, dan proses penimbangan barang tetap menggunakan prasarana di stasiun klimaks.

Selain untuk meningkatkan produktivitas pelabuhan dan mengurangi dwelling time, proyek ini juga diprediksikan mampu mengurangi kemacetan di wilayah sekitar pelabuhan Tanjung Priok. Setiap rangkaian KA barang mampu menampung 60 kontainer, diasumsikan bahwa setiap satu truk mengangkut 1 kontainer, sehingga setiap rangkaian KA dapat mengurangi operasional 60 truk.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top