PT Kereta Cepat Indonesia China Garap Kereta Cepat Jakarta-Bandung

PT Kereta Cepat Indonesia China Garap Kereta Cepat Jakarta-Bandung

WinNetNews.com - Pengembangan kereta cepat (High Speed Railway/HSR) Jakarta-Bandung memasuki babak baru. Hari ini, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia dan BUMN China membentuk anak usaha patungan bernama PT Kereta Cepat Indonesia China.

Kerjasama ini dilakukan melalui anak usaha BUMN, PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) dan China Railway International Co. Ltd.

"Karena pada hari yang bahagia dan indah kita bisa kumpul saksikan anda tangan joint venture agreement juga, depth establishment PT Kereta Cepat Indonesia China," kata Chairman PSBI dan Staf Khusus Menteri BUMN, Sahala Lumban Gaol, saat acara Joint Venture Agreement Signing di Hotel Pullman, Jakarta, Jumat (16/10/2015).

Melalui kerjasama ini, Sahala menyebut, pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung akan terlaksana, sebagai wujud dan model pengembangan infrastruktur transportasi yang layak secara komersial, tanpa perlu dukungan pemerintah.

Pada anak usaha ini, BUMN INdonesia keroyokan menaruh saham 60%, sedangkan China menaruh porsi 40%. PSBI merupakan perusahaan patungan dari sejumlah BUMN Indonesiam yang terdiri dari PT KAI (Persero), PT Wijaya Karya Tbk, PT Jasa Marga Tbk, dan PT Perkebunan Nusantara VIII (Persero).