PT Telkom luncurkan kampung digital di Palu

PT Telkom luncurkan kampung digital di Palu

PT Telekomunikasi Indonesia bekerja sama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Tengah, meluncurkan program baru yaitu kampung UKM (Usaha Kecil Menengah) digital di Kota Palu, Jumat.

Peluncuran Kampung UKM digital yang dipusatkan di lokasi perajin tenun kain dan sarung Donggala serta Batik Bomba di Palu itu dilakukan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulteng, Abubakar Almahdali.

Pemprov Sulteng, kata Abubakar menyambut positif dan berharap dengan adanya kampung UKM digital dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat, terutama para pelaku usaha mikro di daerah ini.

Disebutkan bahwa salah satu dari beberapa kendala UKM dalam meningkatkan usahanya adalah pemasaran produk-produk yang dihasilkan.

Selama ini, kata dia, dalam memasarkan berbagai produk industri yang dikembangkan UKM masih memghadapi keterbatasan akses pasar.

Konsumen banyak, tetapi mereka masih memasarkan produknya dengan cara-cara tradisional sehingga produk usaha yang dilahirkan para UKM tidak banyak diketahui pasar.

Namun dengan adanya kampung UKM digital, kata dia, paling tidak para pelaku UKM di Palu dan sekitarnya dapat memanfaatkan akses pasar melalui internet dengan baik.

Sementara GM PT Telkom Witel Sulawesi Marnoto mengatakan program tersebut merupakan salah satu media pasar yang sangat potensial bagi pengembangan dan peningkatan usaha dari masyarakat, terutama para pelaku usaha mikro di daerah ini.

Ia mengatakan program kampung UKM digital diharapkan sebagai salah satu solusi dalam menjawab kendala dan hambatan yang dihadapi para pelaku usaha mikro di Sulteng.