Puji Pemilu 2019, Malaysia Dibuat Terkesan dengan Hal Ini

Daniel
Daniel

Puji Pemilu 2019, Malaysia Dibuat Terkesan dengan Hal Ini Pemilu 2019

Winnetnews.com - Indonesia menggelar Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif 2019 dengan aman dan terkendali. Pemilu langsung tersebut merupakan salah satu yang terbesar dan terkompleks di dunia. Keberhasilan Tanah Air menggelar pesta demokrasi mendapatkan apresiasi dari Malaysia.

Negara tetangga Indonesia tersebut bahkan berencana meniru salah satu konsep yang digunakan pada pemilu yakni masa tenang. Seperti diketahui, sebelum melakukan pemungutan suara dalam beberapa hari seluruh partai politik dan pasangan calon dilarang melakukan aktivitas yang berkaitan dengan promosi atau kampanye.

Mengutip Bisnis, pemantau pemilu Negeri Jiran, Azmi Sharom, menilai hal itu merupakan sesuatu yang sangat baik. Ia mengaku "terkesan" dengan penerapan sistem masa tenang di pemilu Indonesia. Kata Azmi: "Satu hal yang sangat berkesan untuk saya adalah masa tenang. Itu adalah ide yang sangat baik."

Azmi melanjutkan: "Karena kita tidak melihat adanya kehadiran partai politik selama masa tersebut, sehingga para pemilih dapat mengikuti pemilu dengan tenang dan damai."

Azmi merupakan salah satu pemantau asing yang mengamati sistem pemilihan umum di Indonesia dan tergabung dalam Election Visit Program. Program tersebut diselenggarakan secara resmi dari KPU. Total ada 35 negara yang mengikuti program tersebut.

 

 

Penulis : Daniel
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?