Puji Tuhan... Paus Fransiskus Negatif Corona
Foto: Wherepeteris.com

Puji Tuhan... Paus Fransiskus Negatif Corona

Minggu, 29 Mar 2020 | 20:17 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Setelah melakukan tes massal, Paus Fransiskus dinyatakan negatif virus corona. Kabar tersebut disampaikan Pemerintah Vatikan usai tes di kediaman Paus setelah seorang pastor di dalamnya terjangkit COVID-19.

Diberitakan Dawainusa.com dari Reuters.com, Pemerintah Vatikan pada Sabtu (28/3) mengatakan, tes corona dilakukan terhadap 170 orang di Vatikan. Hasilnya ada enam orang yang positif corona, termasuk salah satu penghuni tetap Santa Marta, tempat Paus tinggal.

“Saya bisa mengkonfirmasi bahwa Bapa Suci (Paus) dan ajudan terdekatnya bukan salah satunya,” kata juru bicara Vatikan, Matteo Bruni, menegaskan bahwa Fransiskus negatif corona.

Ini adalah kali pertama Vatikan mengeluarkan pernyataan soal kondisi Paus Fransiskus dalam kaitannya dengan wabah corona. Di Italia sendiri, negara yang melingkupi Vatikan, corona telah menewaskan lebih dari 10 ribu orang dan menjangkiti 92 ribu lebih.

Sebelumnya, satu pastor dinyatakan positif di Santa Marta. Hal tersebut memicu dilakukannya tes massal. Saat ini dia dirawat di rumah sakit Roma. Satu orang yang melakukan kontak dengan pastor tersebut juga positif corona, namun tidak tinggal di Santa Marta.

Santa Marta adalah wisma tamu Vatikan yang sudah tidak menerima pengunjung sejak corona mewabah. Sejak terpilih Paus pada 2013, Fransiskus menolak tinggal di apartemennya, Istana Apostolik, dan memilih tinggal di tempat dengan 130 kamar dan suite ini.

Selain Fransiskus, ada beberapa staf dan pastor yang tinggal di Santa Marta. Bruni mengatakan, kondisi Fransiskus secara umum baik. Namun, Fransiskus yang berusia 83 tahun telah mengalami sakit paru-paru sejak muda.

Sementara ini, dia menghindari kontak dekat dan menggelar Misa secara online. Sejauh ini total ada 10 orang yang menderita virus corona di Vatikan, salah satunya diduga adalah WNI.

Sebuah situs internet pernah memberitakan bahwa Paus Fransiskus positif terinfeksi virus corona. Publikasi tersebut terjadi setelah Paus Fransiskus terekam kamera tengah batuk-batuk dan menyeka hidungnya saat memimpin misa Rabu Abu.

Portal bernama MCM News awalnya melontarkan publikasi bahwa Vatikan mengonfirmasi Sri Paus terkena terkena virus yang mengakibatkan penyakit Covid-19 tersebut.

MCM News itu melontarkan pemberitaan bahwa tidak hanya Paus, namun dua pembantunya juga tertular virus yang menyebabkan penyakit Covid-19.

“Tiga kasus itu menambah lebih dari 400 kabar infeksi yang terjadi di Italia dalam sepekan terakhir,” demikian ulasan MCM News.

Munculnya pemberitaan tersebut terjadi setelah Paus Fransiskus nampak mengelap hidungnya ketika memimpin misa Rabu Abu di Roma (26/2/2020).

Laporan pada saat itu menyebutkan, Paus berusia 83 tahun tersebut mengalami bersin dan batuk-batuk setelah menemui umat di Lapangan Santo Petrus.

Berdasarkan keterangan yang dirilis oleh Vatikan, informasi yang menyatakan Sri Paus terinfeksi virus corona adalah tidak benar, atau hoaks.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...