Pulau Dodola, salah satu pulau menawan di gugusan Kepulauan Morotai.

Liani
Liani

Pulau Dodola, salah satu pulau menawan di gugusan Kepulauan Morotai.

Pulau Dodola secara geografis terbagi menjadi dua, yaitu Dodola besar dan kecil. Pulau Dodola besar ditandai dengan dermaga kayu yang menjorok ke laut. Dodola besar dan kecil dipisahkan oleh air laut saat pasang. Namun pada saat surut, pasir pantai seolah menjadi jembatan yang menghubungkan keduanya.

Pulua Dodola memiliki lebih dari 13 spot olahraga selam, pemandangan bawah lautnya yang eksotik kerap menjadikan pulau sebagai salah satu destinasi wisata bagi mereka pada pecinta senorkeling dan diving. Pulau Dodola dengan pasir pantainya yang putih dan air lautnya yang jernih merupakan aset berharga yang harus dijaga dan dilestarikan.

Gugusan kepulauan Morotai yang terletak di Provinsi Maluku Utara menyimpan begitu banyak pulau indah dengan berbagai karakteristiknya yang menawan, salah satu diantaranya adalah Pulau Dodola.

Untuk sampai di pulau eksotik ini, Anda hanya perlu melakukan penerbangan menuju Makassar, kemudian disambung ke Ternate dan Morotai. Dari Morotai perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan speed boat selama 30 menit.

Kepuluan Morotai erat kaitannya dengan peristiwa Perang Dunia II. Saat perang terjadi, kawasan yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik ini digunakan sebagai tempat transit untuk merebut kembali Filipina dari tangan Jepang oleh pasukan sekutu. Yang menarik, dari begitu banyak pulau, pasukan sekutu memilih Dodola sebagai salah satu pulau yang dijadikan pangkalan perang.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});