Pulau Karimun: Surga Belanja Barang Impor dengan Pantai yang Memikat

Muchdi
Senin, 10 Agustus 2015 11:23 WIB
Oleh Muchdi pada Senin, 10 Agustus 2015 11:23 WIB
Image Pulau Karimun: Surga Belanja Barang Impor dengan Pantai yang Memikat

 Karimun merupakan salah satu pulau terpenting di kepulauan Riau, karena kontribusi ekonomi dan letaknya yang berdekatan dengan Singapura. Tanjung Balai Karimun merupakan kota yang menarik untuk dikunjungi, dengan dilengkapi fasilitas perbelanjaan yang menjual barang-barang impor dalam partai besar serta memiliki komunitas etnis China yang besar di kepuluan Riau. Kota itu terhubung dengan batas udara dan air dengan negara tetangga Singapura. Sementara itu, Terkulai dan Soreh menjadi pulau pusat resort di sekitar Karimun yang sangat terkenal di kalangan para pelancong baik dari dalam maupun luar negeri.

Secara historis, kabupaten Karimun awalnya hanya berupa kota kecil dengan nama asli Tanjung Balai Karimun dan memiliki status sebagai kecamatan dengan luas area hanya 275 km2. Dalam tinjauan historis, Tanjung Balai Karimun tidak bisa lepas dari kabupaten utamanya yaitu pulau Riau. Berdasarkan dekrit presiden RI, provinsi Sumetra tengah pada 18 Mei 1956 tergabung dalam wilayah kedaulatan RI dan kepulauan Riau waktu itu dianugerahi status wilayah otonomi level II yang dipimpin oleh seorang bupati, yang membawahi empat kecamatan yang meliputi kecamatan Tanjung Pinang, kecamatan Karimun, kecamatan Lingga dan kecamatan pulau Tujuh. Kemudian kecamatan Karimun dihilangkan sesuai dengan peraturan Gubernur Up/247/5/1965, 9 Agustus 1965.

Selanjutnya berdasarkan otonomi daerah tepatnya Perpu no.53, Oktober 1999 menetapkan kabupaten Karimun bergabung bersama Kundur dan Moro menjadi satu kabupaten yaitu kabupaten Karimun, dengan posisi yang sejajar dengan kabupaten lainnya di wilayah Indonesia.

Bagi para peminat barang-barang impor bisa dengan mudah mendapati barang-barang impor berkualitas dengan harga bersaing dan beraneka ragam yang sebagian besar berasal dari Singapura dan negara lainnya di Karimun. Hal ini menjadi daya tarik wisata selain keindahan pantai dan resort yang memukau. Masa keemasan kepulauan Riau di masa pemerintahan kerajaan Riau Lingga dapat dilihat sampai sekarang. Dalam catatan sejarah, sebagian besar wilayah teritorial Riau menjadi makmur setelah kedatangan arus perdagangan internasional sehingga banyak para pedagang asing yang tinggal di Bandar Riau. Masa pemerintahan Raja Ali dipercaya menjadi masa kejayaan bagi kerajaan tersebut dengan ditandai pesatnya perkembangan ekonomi yang dialami kepulauan Riau termasuk Karimun sampai saat ini.

Cara Memakai Tas yang Tepat Agar Tidak Mencederai Tubuh
Bagi Ronaldo Ini Merupakan Gelar Juara Liga Champion ke-5

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.