Puluhan "Gen Kecerdasan" Ditemukan Para Ilmuwan Guys! Kita Kebagian Gak Ya?
Foto: Istimewa

Puluhan "Gen Kecerdasan" Ditemukan Para Ilmuwan Guys! Kita Kebagian Gak Ya?

Selasa, 23 Mei 2017 | 09:28 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Kecerdasan manusia bisa karena gen, bisa karena keinginan sendiri. Maksudnya? Ya, melalui hobi seperti membaca buku, ilmu akan terus bertambah. Tapi jika kecerdasan datang dari gen, maka ada puluhan gen yang membuat setiap orang cerdas.

Para ilmuwan mengumumkan penemuan 52 gen yang terkait dengan kecerdasan manusia, 40 di antaranya telah diidentifikasi untuk pertama kalinya.

Temuan ini juga menghasilkan hubungan mengejutkan antara kecerdasan dan autisme yang suatu hari nanti dapat membantu menjelaskan asal-usul kondisi tersebut.

Secara keseluruhan, bagian baru "gen cerdas" menyumbang 20 persen dari ketidakcocokan dalam hasil tes IQ di antara puluhan ribu orang yang diperiksa, para peneliti melaporkan dalam jurnal Nature Genetics.

"Untuk pertama kalinya, kami dapat mendeteksi jumlahefek genetik yang besar dalam IQ," kata Danielle Posthuma, seorang peneliti di Center for Neurogenomics and Cognitive Research di Amsterdam, dan arsitek utama penelitian ini.

"Temuan kami memberikan wawasan tentang dasar-dasar intelijen biologis," katanya kepada AFP .

Sebagian besar varian gen yang baru ditemukan terkait dengan peningkatan IQ, yang berperan dalam mengatur perkembangan sel di otak, terutama diferensiasi neuron dan pembentukan saraf informasi yang disebut sinapsis.

Sebelumnya di mana profil genetik dan evaluasi intelijen terperinci, berdasarkan tes IQ,telah disusun untuk 78.000 orang, semua keturunan Eropa.

Untuk menantang hasil mereka sendiri, para periset secara terpisah memeriksa 13 database yang mereka ambil, masing-masing menggunakan tes IQ yang sedikit berbeda, terhadap 52 varian gen untuk melihat apakah kombinasi antara kecerdasan dan profil genetik.

Mereka juga memindai database yang sangat besar yang belum menjadi bagian dari penelitian mereka. Sekali lagi, link tersebut bertahan, meskipundengan persentase yang lebih kecil saling tumpang tindih antara IQ.

"Untuk kecerdasan, ada ribuan gen. Kami telah mendeteksi 52 gen yang paling penting, tapi akan ada lebih banyak lagi." katanya.

Para ahli sepakat bahwa gen mungkin mencakup hingga setengah dari kecerdasan terukur. Tetapi jika para ilmuwan dapat memetakan semua kebiasaan genetik yang berkontribusi untuk menjadi cerdas, itu mungkin tidak cukup untuk memprediksi IQ, apalagi kesuksesan dalam hidup.

"Kami melihat semua efek genetik ini dalam isolasi. Mungkin itu pola genetik varian tertentu,dan bukan hanya jumlah mereka, yang membuat kamu lebih cerdas." kata Posthuma.

Bahan utama lainnya untuk berprestasi, adalah melatih hasil tangkapan materi abu-abu, betapapun besar atau kecilnya.

Jika seseorang dengan anugerah genetik yang besar "tidak melakukan usaha apapun untuk belajar, maka itu pasti akan mengurangi kesempatan mereka untuk berprestasi," kata Posthuma.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...