Puluhan Ribu Toilet di China Hampir Selesai Direnovasi Nih! Makin Bersih dan Aman deh!
Foto: NYTimes

Puluhan Ribu Toilet di China Hampir Selesai Direnovasi Nih! Makin Bersih dan Aman deh!

Selasa, 11 Apr 2017 | 10:13 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - China sedang merenovasi toliet agar bisa layak digunakan secara umum.Ada tempatterbuka toilet jongkok di sebuah restoran Beijing, dan toilet tanpa pintu di sebuah taman di Kunming: kamar mandi yang buruk jika kamu pernah mengunjungi China.

Tapi hal itu sepertinya tak perlu terjadi lagi. Sejak pekan lalu pemerintah China mengumumkan “revolusi toilet” hampir 90 persen selesai, setahun lebih cepat dari jadwal.

Pada bulan Januari 2015, Administrasi Tourist Nasional China berjanji untuk membangun 33.500 toilet umum baru di seluruh negeri, dengan fokus pada lokasi wisata. Dengan tambahan 25.000 toilet yang dijadwalkan untuk renovasi di bawah rencana tiga tahun.

Minggu lalu, CNTA mengumumkan bahwa hampir 36.000 toilet telah dipasang dan 15.000 direnovasi. Ini akan menjadi bantuan bagi Presiden Xi Jinping, yang secara pribadi menyetujui skema, serta untuk para wisatawan 4.4b yang mengunjungi tempat wisata di China setiap tahun.

Tapi fasilitas yang ditingkatkan ini telah menyebabkan masalah tambahan. Bulan lalu, otoritas Beijing menginstal perangkat lunak pengenalan wajah di toilet umum di kota Temple of Heaven Park, dalam rangka memerangi masalah peningkatan pencurian tissue toilet, yang jarang ditawarkan di fasilitas umum.

Sekarang, siapa pun yang masuk toilet harus menjalani scan wajah, baru bisa mengambil tissu toilet 60cm. Sistem kemudian melarang mereka dari meminta lebih banyak tissue dalam jangka waktu sembilan menit. Penggunaan tissue telah menurun dari 20 gulungan per hari menjadi hanya empat gulun karena perangkat lunak tersebut telah terpasang, menurut Radio China International. Sebagian besar pengunjung tampaknya menyetujui - meskipun satu orang, Wang Jianquang mengeluh kepada New York Times bahwa “lembaran tissue terlalu pendek.”

Kebanyakan toilet di tempat-tempat wisata utama negara itu kini telah ditingkatkan, menurut Li Jinzao, kepala CNTA - dan situs yang kurang dikenal sekarang dalam agenda. Mudah-mudahan sebelum terlalu lama, revolusi akan mencapai Kunming.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...