Puluhan Ribu Warga Texas Mengungsi Akibat Badai Harvey

Puluhan Ribu Warga Texas Mengungsi Akibat Badai Harvey Foto: hitechbeacon

WinNetNews.com - Badai Harvey melanda Houston, Texas. Angin kencang, kilatan petir yang bersahut-sahutan serta hujan deras yang membuat air terus meningkat, memaksa warga untuk mengungsi. 

"Penjaga Pantai terus menerima lebih dari 1.000 panggilan per jam," kata Penjaga Pantai AS Letnan Mike Hart pada hari Senin.

"Hari ini saja, Coast Guard telah menyelamatkan lebih dari 3.000 orang, termasuk menyelamatkan dengan menggunakan kapal." katanya.

Sejak tengah malam hari Minggu, lebih dari 2.300 panggilan telah masuk ke Departemen Pemadam Kebakaran Houston, termasuk 400 seruan untuk penyelamatan Senin sore, kata beberapa pejabat Houston. Sedikitnya 14 orang tewas dalam badai ini.

"Polisi Houston telah menyelamatkan 1.000 orang sejak Senin pagi, sehingga jumlah warga yang berhasil diselamatkan lebih dari 3.000 orang sejak badai tersebut membanjiri kota tersebut," kata Walikota Houston Sylvester Turner, seperti dikutip dari CNN.

Tidak ada indikasi air akan berhenti muncul dalam waktu dekat. Sungai yang meluap di Texas timur diperkirakan tidak akan mencapai puncaknya hingga akhir pekan ini, dan pejabat federal telah memperkirakan Badai Tropis Harvey akan mendorong 30.000 orang ke tempat penampungan dan memacu 450.000 korban untuk mencari semacam bantuan bencana.

Di beberapa daerah di utara Houston, curah hujan telah mencapai 1.000 mm dalam tiga hari terakhir.

Selain 50 negara bagian yang terkena dampak di Texas selatan, sebagian wilayah barat daya Louisiana juga terpengaruh oleh Harvey, yang membuat pendaratan pada hari Jumat sebagai badai Kategori 4.

Harvey sejak saat itu telah diturunkan ke badai tropis, namun kerusakan yang terjadi sangat luas.