Puncak Gunung Kilauea di Hawaii Keluarkan Letusan Eksplosif
Sumber:BBC

Puncak Gunung Kilauea di Hawaii Keluarkan Letusan Eksplosif

Jumat, 18 Mei 2018 | 09:58 | Cindy Cesilia

WinNetNews.com-  Gunung berapi Kilauea di Hawaii sudah meletus di puncaknya pada Kamis 17/5/2018 sekitar pukul 06.00 pagi waktu setempat. Dikutip dari AFP,  letusan gunung tersebut menyemburkan abu debu sampai setinggi 9.100 meter ke langit di atas Pulau Besar.

Letusan tersebut terjadi setelah aktivitas gunung api yang meningkat sejak dua minggu terakhir, serta terbukanya belasan celah di sisi timur kawah yang mengeluarkan lahar panas ke lingkungan di sekitarnya.

Kabar letusan eksplosif Gunung Kilauea juga diumumkan Departemen Pertahanan Sipil Hawaii melalui pesan peringatan pada telepon. "Observatorium Gunung Api Hawaii melaporkan letusan eksplosif dari puncak Kilauea telah terjadi. Asap abu yang dihasilkan akan menutupi wilayah di sekitarnya. Segera berlindung jika berada di jalur asap abu," tulis pernyataan Pertahanan Sipil Hawaii. 

Letusan terjadi selama enam menit. Namun dua jam setelah letusan, gumpalan asap debu abu masih terlihat naik ke langit dari puncak gunung. Kawah gunung berlokasi di Taman Nasional Gunung Api Hawaii dan telah ditutup sejak 11 Mei sebagai antisipasi letusan.

Setidaknya 26 rumah dan 10 bangunan lainnya hancur akibar lahar yang merambat keluar dari celah di dalam tanah di sekitar gunung. Para ilmuwan pada 9 Mei lalu sudah memperingatkan kemungkinan terjadinya letusan eksplosif akibat penurunan danau lahar di puncak bakal memicu terjadinya letusan. 

 Gunung Api Kilauea menjadi salah satu gunung paling aktif di dunia. Erupsi yang terjadi pada 1924 sudah menewaskan satu orang. Saat itu abu dan debu vulkanik terlihat berada di udara selama 17 hari. Setelahnya letusan terjadi terus menerus sejak 1983.

Sumber:Twitter.com/Astro_Feustel

Sumber:Twitter.com/Hawaii_EMA

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...